Yamaha

Peringatan Hari Santri Nasional di Purwakarta Pecahkan Rekor MURI

  Selasa, 24 Oktober 2017   Arditya Pramono
Ilustrasi Peringatan Hari Santri Nasional.

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM -- Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Purwakarta pada Senin (23/10/2017) malam berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI)  kategori pembacaan nadzoman dengan peserta terbanyak dan serempak.

“Ini pertama kali di Jawa Barat dan  pertama kali di Indonesia ketika sebanyak 15 ribu orang membacakan nadzom secara serempak,” ungkap Manajer MURI, Triyono.

Menurut Triyono, nadzoman atau pelafalan syair pujian untuk memuji kekuasaan Allah SWT menggunakan bahasa daerah Sunda secara serempak merupakan hal unik. 

“Masuk rekor MURI bukan hanya karena terbanyak, ini juga unik dan pertama kali menggunakan bahasa daerah yaitu Bahasa Sunda,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan dirinya secara khusus memang ingin kembali menghidupkan tradisi nadzoman di kalangan santri Purwakarta. 

“Ya nadzoman harus menjadi ciri khas santri zaman sekarang, zaman now kalau anak muda lah istilahnya. Jadi sebelum waktu saalat tiba, mereka harus melafalkan nadzom. Nggak boleh diganti dengan rekaman mp3 yang diputar berulang-ulang, feel-nya nggak masuk. Transformasi nilai akhlak yang ada dalam nadzom jadi tidak bisa dilakukan,” ungkapnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->