Yamaha NMax

Bupati Purwakarta Kenalkan Surabi ke Jurnalis Asing

  Jumat, 19 Januari 2018   Arditya Pramono
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, saat memperlihatkan cara memasak serabi pada David Lipson. (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

GANDANEGARA, AYOPURWAKARTA.COM -- Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, memperlihatkan cara membuat kue surabi (serabi) kepada seorang jurnalis asing asal Australia David Lipson (38). Tak hanya itu, Dedi pun memberikan resep rahasia kue surabi kepada jurnalis Australian Broadcasting Company tersebut.

“Ini terbuat dari tepung beras, ada yang dicampur oncom, ada yang ditambah gula merah cair. Ada juga yang original tanpa campuran,” kata Dedi di Rumah Dinas Bupati Purwakarta, Jalan Gandanegara No. 25, Jumat (19/1/2018).

Menurut Dedi, hari ini sudah muncul beberapa varian kue surabi mulai dari surabi sosis, keju, pandan dan lainnya. Sayangnya, kata dia, tepung yang digunakan untuk pembuatannya bukan tepung beras melainkan tepung biasa.

"Iya banyak varian surabi sekarang ini. Tapi sayang kebanyakan make tepung biasa, bukan tepung,” jelasnya. 

David Lipson yang sudah tinggal 10 tahun di Indonesia mengaku baru mencicipi kue yang terbuat dari tepung beras yang dibakar di atas tungku.

Delicious!," kata David. 

David mengaku di negaranya tidak terdapat makanan dengan bentuk dan rasa yang sama persis dengan surabi. Menariknya, dia justru mengaku cocok dengan kuliner khas Sunda tersebut.

“Di Australia saya tidak ada makanan seperti ini. Saya baru mencicipinya sekarang. Rasa makanan ini unik,” jelasnya.

Diketahui, bukan hanya kali ini saja Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memperkenalkan makanan khas Sunda khususnya Purwakarta ke dunia Internasional. Saat diminta menyampaikan gagasan tentang keluhuran budaya Indonesia khususnya budaya Sunda di forum PBB, Dedi membawa serta Sate Maranggi.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar