Yamaha NMax

Kemarau Panjang, Daerah Kekeringan di Kabupaten Purwakarta Diprediksi Bakal Bertambah

  Senin, 09 Juli 2018   Arditya Pramono
Ilustrasi. (pixabay.com)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, hingga saat ini belum mendapatkan laporan kekeringan akibat musim kemarau 2018.

"Sampai saat ini, belum ada laporan kekeringan akibat kemarau yang terjadi saat ini. Namun meskipun demikian, kami telah siap sedia memberikan bantuan air bersih jika terjadi kekeringan," jelas Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Adang Syarif Hidayat pada Senin (9/7/2018). 

Menurut Syarif, pada tahun 2017 lalu 11 kecamatan di Kabupaten Purwakarta terdampak kekeringan air. 

"11 kecamatan, 25 desa dan 4528 KK terdampak kekeringan musim kemarau pada 2017. Kami memprediksi untuk tahun 2018 ini yang terdampak akan semakin banyak," ujarnya. 

Jumlah daerah yang makin banyak terdampak, disinyalir akibat panjangnya durasi musim kemarau pada 2018 dibandingkan 2017.

Sementara itu Syarif menambahkan, selain kekeringan air,  yang perlu diwaspadi adalah musibah kebakaran. 

"Saat musik kemarau, banyak lahan kering jadi kemungkinan kebakaran sangat mudah terjadi," katanya. 

Terkait hal tersebut, Syarif mengimbau warga agar selalu berhati-hati dan peka terhadap penyebab kebakaran termasuk dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan. 

"Musim kemarau, kami imbau agar masyarakat Purwakarta hemat air, hati-hati terhadap kebakaran dan giat menanam pohon dan biopori," imbaunya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar