Yamaha NMax

WPLH RI Pantau Langsung Kondisi Sungai Citarum

  Selasa, 25 September 2018   Arditya Pramono
Pengecekkan baku mutu air Sungai Citarum di wilayah sekitar Kampung Sawah Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta pada Selasa (25/9/2018). (Arditya Pramono/ayopurwakarta).

BABAKAN CIKAO, AYOPURWAKARTA.COM--Wahana Pemerhati Lingkungan Hidup Republik Indonesia (WPLH RI) menyusuri  Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, di sekitar Kampung Sawah Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta pada Selasa (25/9/2018). 

Menurut ketua WPLH, Teddy M Hartawan kegiatan yang dilakukan bersama sejumlah petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta tersebut  dimaksudkan untuk mengecek langsung kondisi sungai Citarum saat ini. 

AYO BACA : Purwakarta Segera Miliki Perpustakaan Digital

\"Kegiatan ini sebagai upaya mendukung program Citarum Harum. Kita pastikan program tersebut bukan hanya slogan, tapi lebih kepada harus seperti apa Citarum Harum itu,\" jelasnya. 

Saat menyusuri sungai bersama petugas DLH Purwakarta, Teddy mengatakan, ia menemukan aliran air sungai Citarum di wilayah tersebut sudah  berwarna seperti belerang.

AYO BACA : Diduga Ngantuk, Sopir Truk Boks Tabrak Kontainer di Tol Cipularang

\"DLH sudah ambil sampel air untuk dilakukan pengujian laboratorium. Kami juga ambil sampel air yang sama untuk perbandingan,\" ungkapnya. 

Meski selama ini program Citarum Harum dan Citarum Bersih digaungkan, tapi ternyata dilapangan masih saja ditemukan kondisi air yang jauh dari kata bersih apalagi harum. 

\"Sampel air ink akan diuji laboratorium untuk mengetahui baku mutu air. Apakah di bawah atau di atas standar, akan kita dibuktikan dulu. Nanti hasilnya bisa diketahui,\" jelasnya. 

Teddy berharap hasil pengecekkan laboratorium tersebut dapat keluar dengan cepat. Sehingga langkah selanjutnya bisa ditempuh.  

AYO BACA : 15 Parpol di Purwakarta Ikuti Deklarasi Damai

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar