Yamaha Aerox

12 Santapan Favorit Nabi Muhammad SAW

  Selasa, 20 November 2018   Arditya Pramono
(Ilustrasi Pixabay)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Seluruh orang di dunia terutama di Indonesia merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulid Nabi) pada Selasa (20/11/2018).

Seperti telah diketahui bersama junjungan besar Nabi Muhammad SAW lahir di Kota Mekkah pada 1448 tahun silam atau sekitar tahun 570 Masehi.

Sebagai nabi, Muhammad ternyata memiliki sejumlah makanan favorit yang ia sarankan umatnya untuk gemar menyantap. Dikutip dari shughal.com berikut ayopurwakarta.com berikan 12 makanan favorit Nabi Muhammad.

1. Jelai

Jelai adalah sejenis gandum yang biasanya dipakai untuk membuat sereal. Rasulallah SAW pernah menyarankan memakan ini saat seseorang terkena demam. Rasulallah menyarankan jelai di buat adonan sup hangat.

2. Kurma 

Telah banyak hadits yang meriwayatkan bahwa Muhammad  sangat menyukai kurma. Beliau bahkan mengatakan kurma adalah makanan utama. Rasulullah SAW bersabda, “Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar.” (HR. Bukhari).

Kurma sendiri bagus untuk diberikan pada ibu hamil. Selain menguatkan tubuh, kurma juga berfungsi sebagai penawar racun dalam proses detoksifikasi. Karena itulah beliau menyarankan untuk memakan kurma saat berbuka puasa.

3. Anggur

Dalam surah Ar-Rad ayat 4  menyebutkan bahwa buah Anggur memiliki kelebihan dalam hal rasa dibanding buah lainnya. Selain itu, anggur juga punya banyak khasiat seperti mengurangi peradangan, mencegah penyakit pikun, melancarkan perjalanan darah, dan membersihkan perut.

Selain itu Rasulallah bersabda, “Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak.” (HR Abu Nuaim).

AYO BACA : 5 Fakta Kelahiran Nabi Muhammad SAW

4. Madu

Sabda Rasulullah SAW: “Demi Allah yang aku dalam genggaman-Nya, minumlah madu. Malaikat akan memohon rahmat pada penghuni rumah yang ada madu di dalamnya. Jika seseorang makan madu, seribu obat masuk ke perutnya dan sejuta penyakit keluar darinya."

Dalam menikmati madu, Rasulullah akan mencampur madu dengan segelas air dan meminumnya setiap pagi ketika perut kosong.

5.Jamur

Rasulullah bersabda: Kam’at (jenis jamur) adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata (H.R. Muslim dari Sa’id bin Zaid). Hadits ini menyebutkan tentang sebuah jamur yang merupakan bagian dari berbagai macam jenis jamur.

6. Susu

Susu merupakan minuman yang dimuliakan didalam Al-Quran. “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl: 66).

Rasulallah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memakan suatu makanan yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: ‘Allahumma baarik lana fiihi (ya Allah, limpahkan keberkahan pada kami dalam makanan ini). Dan barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: Allahumma baarik lana fiihi, wa zidna minhu (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini) karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.”(HR. Abu Daud 3245, Ibnu Majah 3321, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

7.Buah Delima

Buah delima disebut 3 kali dalam Alquran dan buah ini disebut sebagai buah dari surga. Dalam Surat Ar-Rahman ayat 68, Allah berfiman: “Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima. 

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda," Makanlah buah delima dengan kulitnya. Sesungguhnya kulitnya dapat membersihkan perut besar.Tidaklah sebutir biji buah delima berada di dalam perut seorang muslim, melainkan dia akan meneranginya dengan mengusir syaitan serta godaannya selama 40 hari."

AYO BACA : 9 Fakta Unik Tempat Lahir Nabi Muhammad Saw

8. Melon

Rasulallah SAW bersabda, “Tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat.” Buah melon sendiri awalnya berasal dari Mediterania, sebagian menyebut berasal dari Persia (Syria).

9. Buah Ara (At-tin) 

Buah ini bahkan menjadi sebuah  surah dalam Al-Quran, yaitu Surah At-Tin. Padahal buah ini sendiri tidak tumbuh di daerah Hijaz Arab. Tanaman ini berasal dari Asia Barat.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra. “Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian Nabi Bersabda, ‘Makanlah!’ Lalu beliau pun memakannya dan berkata, ‘Jika engkau berkata, ‘ada buah yang diturunkan dari surga,’ maka aku bisa katakan, ‘inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. ‘Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.”

10. Air Mineral

Nabi Muhammad suka minum air putih atau air mineral.  “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. 21: 30). Menurut sebuah penelitian, orang dewasa dianjurkan untuk minum delapan gelas air atau lebih dalam sehari.

11. Minyak Zaitun

Firman Allah SWT: “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (An-Nahl:11).

Rasulullah menggunakan  minyak zaitun, selain untuk dikonsumsi juga sebagai minyak oles. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW pernah bersabda: “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah).

12. Cuka

Menurut beberapa riwayat, Rasulallah senang mencampurkan makanannya dengan cuka yang dicampurkan dengan minyak zaitun.

Cuka sendiri merupakan antibiotik yang baik untuk mencegah kerapuhan gigi, membersihkan alat-alat pencernaan, melawan bakteri-bakteri dan parasit-parasit yang ada dalam perut, mengaktifkan proses pencernaan dan metabolisme tubuh, membantu mengatasi obesitas serta mengobati penyakit asma.

AYO BACA : 3 Tradisi Unik Memperingati Maulid Nabi di Jawa Barat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar