Yamaha Aerox

Meski Disabilitas, 5 Orang Ini Justru Jenius

  Senin, 10 Desember 2018   Arditya Pramono
Anak jenius. (Pixabay.com)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Beberapa minggu lalu kita sempat terpana dengan pemuda penyandang disabilitas asal Desa Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Ahmad Sobandi (28).

Meski punya keterbatasan, Ahmad mampu menciptakan robot laba-laba dan sejumlah robot lainya yang mampu bergerak dan dapat dikendalikan oleh remote control.

AYO BACA : Pemuda Tunawicara Ciptakan Robot

Nah ternyata di dunia ini, Ahmad tak sendirian. Ternyata banyak orang jenius yang justru merupakan penyandang disabilitas. Dikutip dari mentalfloss.com, Senin (10/12/2018), berikut ini 5 orang jenius dengan disabilitas.

1. Thomas Alfa Edison
Bapak penemu listrik yang punya lebih dari 1.000 hak paten ini sempat terkena demam berdarah pada masa mudanya. Hal tersebut membuat telinganya hampir tuli. Namun, dari pada meratapi nasib, kekurangan kemampuan mendengar justru membuat dia bangkit dan sukses menciptakan bola lampu yang sangat bermanfaat bagi umat manusia.

AYO BACA : Kupu-kupu Malam dan Penyandang Disabilitas

2. Albert Einstein 
Einstein sempat mengalami kesulitan belajar saat kecil. Fisikawan yang terkenal dengan teori relativitas itu baru bisa belajar berbicara pada usia empat tahun. Kuat dugaan Einstein menderita penyakit Disleksia. 

3.Leonardo Da Vinci
Da Vinci merupakan maestro pada bidang seni, matematika, astronomi dan di sejumlah bidang lainya. Dibalik kemampuan hebatnya tersebut, ternyata Da Vinci adalah pengidap Disleksia. 

4. Ralph Braun
Braun masih berusia tujuh tahun ketika dokter mendiagnosanya terserang penyakit distrofi otot yang menyebabkan dirinya tak bisa berjalan. Namun, semangatnya yang tinggi membuat dia mampu menciptakan scooter dengan tega baterai dan juga alat bantu orang lumpuh lainya seperti wheelchair lift.

5. Edwin Krebs
Krebs tak mampu mendengar. Bahkan sebuah dering telpon dengan frekuensi bunyi yang tinggi, tak mampu membuat dirinya bisa mendengar. Namun, dibalik disabilitasnya itu, Kreb mampu membuat kita lebih paham soal hormon, umur sel hidup dan transplantasi organ. Krebs merupakan seorang ahli biokimia.

AYO BACA : Sepakbola untuk Kaum Disabilitas

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar