Yamaha NMax

"Jaga Kebersamaan Umat" Jadi Tema HUT ke-73 Kemenag

  Kamis, 03 Januari 2019   Arditya Pramono
Kepala Kantor Kemenag Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi. (Arditya Pramono/ayopurwakarta)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-73 pada Kamis (3/1/2019) dengan tema "Jaga Kebersamaan Umat."

Menurut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi, tema tersebut dipilih untuk mengingatkan kembali pentingnya kebersamaan umat beragama di Indonesia khususnya di Purwakarta dalam hal menjaga silahturahmi dan toleransi. 

"Di jaga itu artinya dirawat dipelihara, makanya jangan sampai kita melupakan pentingnya kebersamaan umat beragama," jelasnya pada Kamis (3/1/2019). 

Untuk di Purwakarta sendiri, menurut Tedi, penerapan menjaga kebersamaan umat beragama sudah dijalankan dengan baik selama ini. 

Ia menjelaskan pihaknya lewat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kerap kali bersilahturahmi dengan masyarakat lintas agama. 

Tedi mencontohkan, dalam sejumlah perayaan hari besar keagamaan, pihak Kantor Kemenag Purwakarta dan muspida Purwakarta rajin menyambangi tempat ibadah untuk menjalin silahturahmi. 

"Contohnya saat Natal kemarin. Kita lakukan kunjungan. Itu bentuk silahturahmi dan komunikasi yang baik antar umat beragama," ucapnya. 

Tedi yakin dengan komunikasi yang berkesinambungan, letupan-letupan isu SARA dan agama yang sangat mungkin terjadi di masyarakat dapat diredam dengan baik. 

"Alhamdulillah dengan Purwakarta yang masyarakatnya cukup majemuk ini, kita pernah dapat anugarah Harmoni Award 2017 sebagai kabupaten paling toleran se- Indonesia," jelasnya. 

Sementara itu terkait pelaksanaan HUT Ke-73 Kemenag di Purwakarta, Tedi mengatakan ribuan keluarga besar Kantor Kemenag Purwakarta mengadakan upacara yang berlangsung di lapangan Alun-Alun Purwakarta. 

"Untuk perayaan HUT ke 73 kita adakan Upacara di Alun-Alun Purwakarta. Pesertanya mencapai ribuan orang," jelasnya. 
 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar