Yamaha

Tape Bendul Makanan Khas Purwakarta, Sumber Rezeki Warga Sukatani

  Selasa, 22 Januari 2019   Dede Nurhasanudin
Kios tape bendul yang berlokasi di desa/Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta, dibahu jalur arteri Purwakarta-Bandung (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

SUKATANI, AYOPURWAKARTA--Selain dikenal tempat wisata, Kabupaten Purwakarta juga dikenal dengan potensi wisata kuliner.

Banyak makanan khas Kabupaten Purwakarta yang sudah dikenal hingga ke berbagai pelosok di Jawa Barat atau Jabar. Salah satunya yaitu peuyeum (tape) Bendul.

Bendul diambil dari nama kampung yang berada di Desa/Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta tempat dimana oleh-oleh khas Purwakarta itu diproduksi. Di wilayah tersebut banyak terdapat industri rumahaan dan penjual tape.

"Sebagian besar warga disini mata pencahariannya yaitu membuat dan menjual tape bendul," ujar Aan Karyanah (48) salah satu penjual tape, Selasa (22/1/2019).

Tape bendul memiliki ciri khas yang menjadi daya tarik pembeli, selain kenyal tape bendul juga rasanya berbeda dengan tape lain. Sebab menurutnya singkong yang menjadi bahan dasar tape bendul berkualitas baik. "Karena itulah tape bendul selalu ralis bertahan hingga saat ini," kata pedagang yang telah berjualan tape selama 17 tahun itu.

Ia mengatakan, tape bendul merupakan makanan khas Purwakarta sejak dulu. Para penjual tape disini sebagian besar usaha turun temurun yang tetap harus dipertahankan.

Untuk harganya sendiri cukup relatif, mulai dari harga Rp10-12 ribu per Kg bagaimana pasokan dari pembuat tape bendul. Jika bahan dasar sulit diperoleh maka harga tape pun akan naik.

"Sekarang singkong sedang sulit diperoleh, dan sekarang juha tidak produksi karena singkong tidak ada," ujar Jaenudin (55) salah satu pembuat tape bendul.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar