Yamaha NMax

Bawaslu Purwakarta Maksimalkan Pengawasan dengan Bersepeda

  Sabtu, 26 Januari 2019   Dede Nurhasanudin
Tim Goweslu saat foto bersama.(Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Purwakarta terus memaksimalkan pengawasan menjelang Pemilu 2019.

Tak hanya melalui sosialisasi, sejumlah kegiatan pun ditempuh Bawaslu mengajak kesemua elemen masyarakat untuk ikut serta mengawasli jalannya pesta demokrasi tersebut.

Salah satu cara yang di tempuh Bawaslu yaitu Goweslu atau Bersepeda sambil sosialisasi pengawasan pemilu kepada masyarakat.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan bahwa Goweslu sudah berjalan hampir dua bulan yang dilaksanakan setiap Sabtu pagi. Adapun tim yang terlibat yaitu unsur Bawaslu, Panwascam dan PPD/K rutin berkeliling kecamatan. Sepanjang perjalanan, tim juga membagikan stiker pengawasan pemilu.

"Dalam stiker tersebut adalah pesan ajakan mengawasi seluruh tahapan pemilu, ajakan menolak politik uang, stop kampanye hitam hingga seruan menolak politisasi sara. Stiker dibagikan kepada masyarakat yang dilintasi jalur Goweslu," ujar Binos, Sabtu (26/1/2019).

Goweslu awalnya merupakan olah raga bersepeda biasa. Namun, karena banyaknya peserta dari kalangan panwaslu, kegiatan itu pun akhirnya diproyeksi menjadi sosialisasi pengawasan pemilu.

"Awalnya sih biasa aja, gowes. Biar sehat juga sekaligus ajang silaturahmi. Namun lama kelamaan pesertanya nambah terus. Makanya kita selipkan pengawasan pemilu," kata Binos.

Menurutnya, goweslu terbuka bagi orang di luar Pengawas Pemilu yang ingin bergabung. Rute yang diambil setiap agenda gowes adalah tempat tempat ramai pengunjung di tiap desa dan kecamatan secara bergiliran. 

"Hari ini Goweslu ke Kecamatan Jatiluhur," ujar Binos.

Menggandeng semua komunitas gowes di Purwakarta menjadi rencana Bawaslu ditahun ini. Sebab menurutnya komunitas itu nantinya itu dapat ikut serta melakukan kampanye pengawasan pemilu. 

"Intinya, kita ingin ajak sebanyak banyaknya orang mengawasi pemilu sebagai ikhtiar mengawal dan memastikan pemilu 2019 berjalan aman, lancar dan kondusif. Terlaksana pemilu yang bersih dan berintegritas," pungkasnya.
 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar