Yamaha NMax

UNBK di Purwakarta Belum 100%

  Rabu, 06 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta).

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMP di Kabupaten Purwakarta belum 100%.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan dari total 110 SMP Negeri dan swasta yang ada di Purwakarta hanya 89 sekolah siap menggelar UNBK. Yakni 67 SMP Negeri dan 22 sekolah swasta. Sementara sisanya masih menggelar ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNBKP).

"Yang masih UNBKP yaitu 21 SMP Negeri," ujar Purwanto, Rabu (6/2/2019).

Menurutnya, kondisi ini disebabkan belum terpenuhinya sarana dan prasarana. Sehingga membuat sejumlah sekolah terpaksa masih menggelar UNBKP. Pihaknya pun tidak bisa memaksa sekolah untuk menggelar UNBK.

"Kami menyampaikan target pemerintah pusat semua sekolah harus UNBK, tapi sepenuhnya dikembalikan lagi ke sekolah, kalau belum siap UNBK yah UNBKP saja," ungkapnya.

Dijelaskan, dari 98 sekolah yang siap menggelar UNBK itu pun tidak semua mandiri, melainkan menumpang ke sekolah SMA/SMK terdekat. Hal itu karena keterbatasan saran komputer yang belum terpenuhi.

Untuk itu, pihaknya berharap bantuan baik dari pemerintah kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat untuk memenuhi target 100% penyelenggaran UNBK.

"Ini UNBK tahun ketiga. Di tahun ini, peningkatannya mencapai 81% persen. Artinya, dari tahun ke tahun penyelenggara UNBK meningkat dan tahun depan target kami 100%," terangnya.

Diketahui, baik UNBK maupun UNBKP akan diselenggaran pada 22-25 April 2019 mendatang. Mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar