Yamaha Mio S

7 Aktivitas Seru untuk Berakhir Pekan

  Sabtu, 09 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi olah raga. (Pixabay)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Akhir pekan selalu menjadi waktu yang paling ditunggu oleh sebagian besar masyarakat. Bagi mereka yang rutinitasnya cukup padat, akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk bersantai dan melakukan aktivitas kecil bersama keluarga.

Tak selalu dihabiskan dengan menonton TV atau bermain gim, akhir pekan juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Berikut tujuh aktivitas pilihan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu berakhir pekan, seperti dilansir di inc.com.

1. Berolahraga

Berolahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental. Menyisihkan waktu setengah jam di akhir pekan untuk berolahraga bisa membuat darah Anda terpompa, endorfin Anda mengalir, dan semangat Anda bangkit kembali.

Anda bisa membentuk otot, membakar kalori, dan mengalirkan oksigen ke otak Anda setelah beraktivitas padat sebelumnya yang tak jarang telah membuat Anda stres. Berolahraga secara teratur juga akan membantu Anda untuk tetap disiplin dan dapat mengurangi efek jangka panjang dari stres. Anda juga akan terlihat lebih baik dan merasa lebih baik, yang memberi Anda kepercayaan diri yang lebih besar.

2. Membaca

Membaca adalah keterampilan seumur hidup, dan orang-orang sukses tidak pernah berhenti membaca buku baru. Baik itu fiksi atau nonfiksi, buku membantu memberi Anda pemahaman yang lebih besar tentang dunia di sekitar Anda.

Buku akan memperkenalkan Anda pada karakter baru, lingkungan baru, budaya baru, filosofi baru, dan ide-ide baru, dan bahkan mungkin membantu Anda membangun keterampilan baru. Membaca secara teratur dapat membantu memperkaya kosakata dan pemahaman semantik Anda.

3. Mengikuti kursus keterampilan

Pendidikan tidak boleh berhenti di perguruan tinggi, dan tidak boleh terbatas pada institusi. Orang-orang yang paling sukses di dunia adalah mereka yang membuat komitmen untuk tidak pernah berhenti belajar.

Mereka selalu menambahkan keterampilan baru dalam resume mereka dan mempelajari aspek-aspek baru dunia di sekitar mereka. Kursus keterampilan juga tidak terlalu sulit untuk ditemukan, terutama di era modern. Banyak perguruan tinggi lokal yang menawarkan kursus gratis, dan Anda dapat mencari tahu tentang forum lokal atau sejumlah pertemuan untuk menemukan kelompok keterampilan dadakan.

Jangan meremehkan kursus online gratis. Jika Anda memiliki waktu luang dan koneksi Internet, Anda dapat mulai mempelajari keterampilan baru.

4. Menjadi sukarelawan

Menjadi sukarelawan, di mana pun atau bagaimana pun Anda melakukannya, akan bermanfaat bagi Anda dan komunitas Anda. Anda bisa membantu membersihkan jalan raya, bekerja di dapur umum, atau memberikan bimbingan kepada sekelompok anak muda.

Para profesional diprioritaskan untuk menyadari pentingnya memberi kembali kepada masyarakat, dan merasa lebih bahagia karenanya. Menjadi sukarelawan juga merupakan pengalaman yang berharga. Memperkenalkan Anda kepada orang lain yang, dapat membantu Anda memajukan karier Anda.

5. Menjalin relasi

Banyak acara untuk menjalin relasi yang digelar di luar jam perusahaan. Orang-orang sukses selalu bersedia melangkah keluar dari zona nyaman mereka dalam upaya untuk bertemu orang-orang baru, terlepas dari keadaan profesional apa pun di sekitar upaya itu. Semakin luas jaringan kontak Anda, semakin banyak peluang yang Anda miliki.

6. Melakukan hobi

Berfokus secara eksklusif pada pekerjaan mungkin tampak seperti jalur cepat menuju sukses. Namun pendekatan ini memiliki kelemahan buruk, yaitu membuat Anda stres, membuat Anda kelelahan, dan mencegah Anda mengembangkan keterampilan di bidang lain.

Menemukan dan mengejar hobi, di sisi lain, dapat membantu Anda menghilangkan stres dan membangun keterampilan yang bisa Anda gunakan di tempat kerja. Jika hobi Anda adalah hobi sosial, maka dapat juga menawarkan peluang koneksi.

7.Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga

Pekerjaan Anda bukanlah segalanya. Terlalu fokus pada karier Anda adalah sabotase diri, tidak peduli seberapa berlawanan hal itu mungkin terdengar. Jika Anda ingin sukses dalam hidup, Anda harus memprioritaskan hubungan pribadi Anda,  ikatan Anda dengan teman dan anggota keluarga Anda.

Tidak peduli seberapa besar Anda ingin sukses dan naik tangga perusahaan dengan cepat, Anda tidak dapat mengabaikan teman dan keluarga Anda. Jika Anda menghabiskan waktu luang dengan keluarga, tidak berarti Anda tidak memiliki peluang untuk berhasil.

Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda, meningkatkan pola pikir Anda, dan memperluas jaringan Anda ke tingkat yang akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses di tempat kerja. Mulai memasukkan beberapa dari mereka ke dalam rutinitas waktu luang Anda dan Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar