Yamaha NMax

5 Akibat Terlalu Lama Menahan Buang Air Kecil

  Senin, 11 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi buang air kecil. (Shutterstock)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Saat sibuk bekerja atau sedang dalam perjalanan, terkadang kita memilih untuk menahan buang air kecil. Padahal jika sering dilakukan, hal itu akan mengganggu kondisi kandung kemih.

Berikut lima hal yang harus diwaspadai jika kita selalu menahan buang air kecil, dikutip di bustle.com.

1. Infeksi saluran kemih

Salah satu risiko potensial menahan buang air kecil terlalu lama adalah terkena infeksi saluran kemih. Meski Anda sedang sibuk di tempat kerja, sedang melakukan tugas penting, atau sedang mengemudi jarak jauh, Anda tetap tidak disarankan untuk menahan buang air kecil

Urin yang tertinggal di kandung kemih untuk jangka waktu yang lebih lama, dapat menempatkan Anda pada risiko infeksi yang lebih besar, yang harus diobati dengan antibiotik.

2. Cedera kandung kemih

Meski kasus ini sangat jarang, tetapi masih mungkin terjadi. Jika Anda pernah menderita kondisi ini sebelumnya akibat operasi atau peradangan, maka Anda harus benar-benar berhati-hati jika menahan buang air kecil terlalu lama.

3. Kebocoran kandung kemih

Jika Anda menahan buang air kecil terlalu lama, Anda mungkin akan mengalami susah tidur sehingga otot-otot yang mengendalikan aliran urin akan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan kebocoran atau inkontinensia, karena kandung kemih Anda tidak dapat mengontrol aliran urin secara memadai.

4. Ukuran kandung kemih melebar

Ternyata, saat Anda menahan buang air kecil terlalu lama, ukuran kandung kemih Anda akan melebar. Jika Anda membiarkannya, maka Anda akan merasa ingin buang air lebih sering dan hal itu sudah pasti menjengkelkan.

Pelebaran kandung kemih juga akan melemahkan otot-ototnya, sehingga akan lebih sulit untuk menahan keinginan untuk buang air kecil.

5. Otot kandung kemih tertutup

Ketika Anda menahan buang air kecil terlalu sering, sphincter atau otot kandung kemih Anda bisa tertutup. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada otot itu sendiri dan ketidaknyamanan pada Anda.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar