Yamaha NMax

Kecelakaan Lalu Lintas di Purwakarta Didominasi Pengendara Tak Punya SIM

  Senin, 11 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Petugas kepolisian Polres Purwakarta saat olah TKP setelah terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan seorang pelajar, di Jalan Raya Veteran Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA--Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Ricky Adi Pratama menyebut angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purwakarta rata-rata didominasi pemuda dan para pelajar. Para pelajar maupun orang tuanya sering kali tidak memahami dengan benar potensi kecelakaan saat tidak mematuhi aturan berkendara.

\"Rata-rata saat menggunakan motor, mereka masih pelajar yang umurnya masih di bawah 17 tahun, dan otomatis itu belum bisa secara bebas berkendara karena belum punya SIM,\" kata Ricky, Senin (11/2/2019).

AYO BACA : Kaleidoskop Kecelakaan Lalulintas di Purwakarta Tahun 2018

Oleh karena itu, Kasat mengimbau kepada para orang tua maupun guru untuk melarang anaknya berkendara jika memang belum memiliki SIM, dan hal itu diharapkan menjadi perhatian seluruh pihak.

\"Dari kami, lakukan sosialisasi seperti ke sekolah-sekolah mengimbau pada para siswa untuk tidak mengendarai karena belum memiliki surat izin mengemudi,\" ucapnya.

AYO BACA : Polres Purwakarta Selidiki Kecelakaan Bus Bima Suci

Sementara, Kanit laka Satlantas Polres Purwakarta, Ipda Agus Kuswara mengaku awal tahun 2019 mengalami peningkatan jumlah kecelakaan. Sedikitnya selama Januari 2019 ada sekitar 41 kejadian kecelakaan.

\"Secara umum jumlah laka meningkat namun jumlah fatalitasnya menurun,\" ujar Agus.

Ia mengatakan, jumlah kecelakaan lalu lintas terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sepanjang 2017, pihaknya mencatat 390 kecelakaan dengan jumlah korban jiwa sebanyak 183 orang, luka berat 32 orang dan luka ringan 487 orang. Sementara pada 2018 lalu, jumlahnya mengalami kenaikan hingga 478 kali.

\"Jumlah kecelakaan tersebut menyebabkan korban tewas hingga 148 orang, luka berat dan ringan masing-masing 34 orang. Meski begitu, kami berharap jumlah kecelakaan maupun korbannya mengalami penurunan di tahun ini,\" pungkasnya.

AYO BACA : Sepeda Motor Penyumbang Kecelakaan Tertinggi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar