Yamaha NMax

7 Tips Hindari Masalah Kesehatan Gigi

  Selasa, 12 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi sakit gigi. (Dental Guide Australia)
PURWAKARTA.AYOPURWAKARTA.COM -- Ketika kita sudah beraktivitas seharian, terlebih harus pulang larut malam, tak jarang kita memilih untuk langsung beristirahat tanpa membersihkan gigi terlebih dahulu. Kebiasaan itu tentu bisa memicu gangguan kesehatan pada gigi.
 
Agar terhindar dari masalah-masalah pada gigi dan mulut, berikut tujuh tips yang bisa Anda lakukan dilansir di everydayhealth.com.
 
1. Sikat gigi sebelum tidur
 
Menyikat gigi sebelum tidur pada malam hari bisa membantu melindungi gigi Anda dari penumpukan plak, kerusakan gigi, dan penyakit gusi. Jika Anda sangat rentan terhadap gigi berlubang dan penyakit gusi, dokter gigi menyarankan Anda untuk menyikat gigi segera setelah makan malam, lalu menyikat gigi lagi sebelum tidur.
 
2. Lakukan cara menyikat gigi yang benar
 
Menurut dokter gigi, cara terbaik untuk membersihkan gigi adalah dengan menyikat maju dan mundur secara perlahan dengan sapuan pendek. Sikat permukaan gigi bagian luar terlebih dahulu, kemudian permukaan gigi bagian dalam. 
 
Untuk membersihkan bagian belakang gigi depan Anda, gunakan ujung sikat dan usap perlahan ke atas dan ke bawah.
 
3. Beralih ke sikat gigi listrik
 
Gerakan memutar kepala sikat gigi listrik dapat menghilangkan plak di gigi Anda secara lebih efisien daripada sikat gigi biasa. Pastikan Anda memilih sikat gigi elektrik yang nyaman untuk dipegang, mudah digunakan, dan memiliki kepala yang berputar.
 
4. Jangan hanya menyikat
 
Selain menyikat gigi, Anda bisa menggosok sela-sela gigi dengan benang atau flossing. Flossing dapat menghilangkan partikel makanan dan membersihkan penumpukan plak saat masih lunak.
 
Jika plak terus menempel pada gigi, bakteri akan bertambah sepanjang malam dan memakan plak itu saat Anda tidur. Selain itu, jika dibiarkan mengeras, plak akan berubah menjadi karang gigi, dan karang gigi hanya dapat diangkat oleh dokter gigi.
 
5. Berkumur dengan obat kumur
 
Dalam kondisi kesehatan mulut tertentu, membersihkan plak cukup dengan berkumur menggunakan obat kumur. Namun kebanyakan obat kumur yang dijual bebas hanya dirancang untuk menghilangkan bau mulut dan tidak akan banyak membantu mengatasi masalah kesehatan mulut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi Anda untuk mengetahui obat kumur yang tepat bagi Anda.
 
6. Waspada penggertakan gigi (bruxism)
 
Jika Anda mengalami aus di bagian enamel gigi, merasa sensitif pada gigi, atau menderita sobek pada pipi, Anda harus waspada pada penggertakan gigi saat itu. Meskipun dokter gigi tidak dapat menghentikan kebiasaan itu. tetapi Anda yang suka menggertakkan gigi di malam hari dapat menggunakan alat pelindung gigi khusus.
 
7. Kunjungi dokter gigi secara teratur
 
Pastikan Anda memiliki jadwal pemeriksaan dan pembersihan gigi secara teratur. Dokter gigi akan membantu Anda menjaga gigi tetap bersih dan gusi tetap sehat dalam jangka panjang.

AYO BACA : Cara Alami Sembuhkan Sakit Gigi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar