A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

  
Yamaha Mio S

Mengenal Komunitas Sepeda Ontel Purwakarta

  Minggu, 24 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Komunitas sepeda ontel Purwakarta saat nongkrong di Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta, Minggu (24/2/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Pagi ini, ribuan masyarakat mengisi hari libur dengan berolahraga di Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud). Tidak sedikit pula sejumlah komunitas berjajar ikut serta meramaikan hari diakhir pekan ini.

Dari sekian banyak komunitas ada satu komunitas yang menarik perhatian masyarakat. Sepeda antik yang tampak usang dan tua ditongkrongkan pemiliknya di bahu jalan sekitaran Taman Air Mancur Sri Baduga. Adalah pecinta sepeda tua yang mereka menamainya Komunitas Sepeda Ontel Purwakakarta.

AYO BACA : Menerbangkan Drone Bersama Komunitas Drone Purwakata Istimewa

Ketua Harian Sepeda Ontel Purwakarta, Aang Sugiana mengatakan, Komunitas ini hadir di Purwakarta sejak 2012. Jumlah anggota saat ini 50 orang dari berbagai kalangan.

"Komunitas Sepeda Ontel ini dibawah naungan Komunitas Sepeda Tua Indonesia atau Kosti Jawa Barat," ujar Aang, saat ditemui di area lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Minggu (24/2/2019).

AYO BACA : Berbagi Dengan Nasi Bungkus

Memiliki keunikan, antik dan ingin mempertahankan kebudayaan membuat para pria itu memutuskan membentuk pecinta komunitas sepeda ontel di Purwakarta, Menurutnya, sepeda ontel ini memiliki sejarah di Indonesia yang harus tetap dilestarikan. Zaman dulu sepeda ini kerap digunakan sebagai alat transportasi oleh para pejuang kemerdekaan.

"Untuk itu kami tergugah ingin melestarikan sepeda ontel ini di Purwakarta," kata dia.

Tak hanya ajang silaturahmi, komunitas itu juga kerap mengikuti event tertentu di sejumlah wilayah. Terakhir lanjut dia mengikuti event ulang tahun Paguyuban Sapedah Bahula Bandung.  Bahkan di sejumlah event kerap menggunakan seragam para pejuang, diantaranya Ir Soekarno, Moh Hatta dan lainnya.

"Kita juga akan mengikuti kegiatan napak tilas Karawang Bekasi bulan depan," ujarnya.

AYO BACA : All Komunitas Purwakarta Dideklarasikan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar