Yamaha

Pemkab Purwakarta Terima Bus Wisata dari Pemprov Jabar

  Senin, 25 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Wakil Bupati Purwakarta, H Aming mengecek mobil Bus wisata dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin (25/2/2019) (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menerima bus wisata dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Bus yang berasal dari dana CSR bank bjb tersebut, diterima Wakil Bupati Purwakarta, H. Aming di Lingkungan Pemkab Purwakarta, Senin (25/2/2019).

Wakil Bupati Purwakarta, H. Aming mengatakan, Purwakarta menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan bantuan bus wisata dari Pemprov Jabar. Di Purwakarta, bus wisata dinamai Bus Kidang Pananjung yang difungsikan untuk mengantar masyarakat berkeliling Kota Purwakarta, terutama melewati ikon-ikon daerah.

"Bus Kidang Pananjung ini fungsi dan bentuknya sama yang ada di Kota Bandung," ujar mantan Kades Tajursindang, Kecamatan Sukatani itu.

Setelah diterima, H. Aming turut mencoba Bus Kidang Pananjung kemudian mengecek kondisi bus. Dia mengatakan, fasilitas bus akan ditambah salah satunya yaitu handle pegangan tangan yang belum tersedia di atap bus. Tour guide juga akan disediakan untuk memudahkan masyarakat mengetahui ikon pariwisata di Purwakarta.

"Nanti ada guide yang akan memberikan informasi ketika wisatawan saat naik bus. kalaupun ada ubahan mungkin kita tambah handle pegangan karena saya lihat belum ada," katanya.

Dengan adanya bus wisata ini, Aming berharap mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, selain itu bus wisata saat ini telah ada dua unit, akan tetapi untuk tahap pertama Pemkab Purwakarta baru mendapatkan satu unit.

"Saya berharap dengan adanya bus ini bisa meningkatkan potensi wisata di Purwakarta," ucap Aming. 

Bus wisata Kidang Pananjung dikelola DPC Organda Purwakarta. Termasuk pengaturan jam operasional setiap harinya.

"Operasionalnya dari pukul 07.00- 17.00, start mulai dari alun-alun Purwakarta," ujar Ketua DPC Organda Purwakarta, Tatan Margandi.

Adapun jalur yang dilalui adalah start dari Alun-Alun Purwakarta- jalan Sudirman (Pasar Jumat)-Jalan Veteran- Jalan Bungursari dengan tujuan lokasi Tajug Gede Cilodong dan kembali melewati Taman Air Mancur Sri Baduga kemudian finish di Alun-alun.

"Untuk tarif operasionalnya belum kita tentukan, karena menunggu Perbup yang masih dalam pembahasan," kata dia.

Diketahui, Dari 27 kabupaten dan kota di Jabar 13 di antaranya mendapat bantuan Bus wisata tahap pertama, yaitu Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Purwakarta.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar