Yamaha NMax

KPU Purwakarta Pastikan Tidak Ada WNA Masuk DPT Pemilu 2019

  Senin, 04 Maret 2019   Dede Nurhasanudin
Divisi Perencanaan Program Data dan Informasi KPU Kabupaten Purwakarta, Iip Saripudin, Senin (4/3/2019). (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta.com).

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Divisi Perencanaan Program Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, Iip Saripudin menegaskan seluruh pemilih yang ada di daftar pemilih tetap (DPT) dan telah ditetapkan KPU merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sebelumnya, Direktur Lembaga Kajian Kebijakan dan Pembangunan (eLkap) Kabupaten Purwakarta, menyarankan KPU Purwakarta untuk mendata ulang pemilih karena dikhawatirkan ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga negara asing (WNA) masuk ke DPT.

"Kami pastikan tidak ada WNA masuk ke DPT," ujar Iip, Senin (4/3/2019). KPU Purwakarta telah menetapkan 687.642 orang masuk ke dalam DPT. 

AYO BACA : 1993 WNA Tinggal di Purwakarta

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Purwakarta terdapat 1.993 WNA yang tersebar di 17 kecamatan. 18 WNA memiliki keterangan izin tinggal tetap (kitap), sementara 1975 WNA memiliki keterangan izin tinggal sementara (kitas)

Iip mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima data jumlah WNA pemegang Kitas. Data yang sudah masuk dari Disdukcapil ke KPU hanya pemegang Kitap yang berjumlah 18 orang. "Untuk kitas belum dan lagi proses penyaringan nanti kita infokan," kata dia.

Meski begitu Iip memastikan dari 18 orang  pemegang Kitap tidak masuk DPT untuk Pemilu 2019. Sementara untuk WNA pemegang Kitas pastinya belum memiliki kartu keluarga dan KTP. "Jadi dipastikan tidak memiliki NIK. Secara logika yang tidak ber NIK atau KK tidak mungkin masuk DPT," ujar Iip.

AYO BACA : Khawatir Warga WNA Masuk DPT, Elkap Minta KPU Purwakarta Data Ulang Pemilih

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar