Yamaha Mio S

Caleg Akan Kena Sanksi Jika Masih Kampanye di Masa Tenang, Termasuk di Medsos

  Senin, 15 April 2019   Dede Nurhasanudin
Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta Oyang Este Binos. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM—Sanksi penjara 12 bulan dan denda paling banyak Rp12 juta akan diterima para caleg jika masih ngeyel melakukan kampanye saat masa tenang, termasuk kampanye di media sosial.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta Oyang Este Binos. Ia mengatakan, tahapan kampanye habis dan saat ini telah memasuki masa tenang. Karenanya, pihaknya menghimbau kepada semua caleg untuk berhenti berkampanye.

"Semua aktivitas kampanye harus dihentikan, termasuk di medsos. Tahapan kampanye sudah selesai. Jika masih kampanye maka akan kena sanksi itu sesuai Pasal 492 UU 7 Tahun 2017 mengatur Ketentuan Kampanye di luar jadwal," kata Binos, Senin (15/4/2019).

Binos mengimbau agar semua caleg menaaati peraturan dan undang-undang yang ada. Namun, jika ditemukan masih ada kegiatan kampanye, pihaknya tidak akan segan akan melakukan penindakan.

"Sanksinya itu tadi, sesuai UU kurungan 12 bulan dan denda paling banyak Rp12 juta," ucap dia.

Mengacu pada PKPU 23 Tahun 2018 terdapat sembilan jenis kampanye, yaitu kampanye pertemuan terbatas, tatap muka, pemasangan APK, penyebaran bahan kampanye, kampanye di media massa, kampanye di media sosial, debat kandidat, kampanye rapat umum, serta kampanye dalam bentuk lain. 

"Nah, karena sekarang sudah memasuki masa tenang, maka seluruh kegiatan kampanye tersebut harus sudah disetop," ujarnya.

Pada hari pertama masa tenang, 14 April 2019, Bawaslu Purwakarta telah melakukan penertiban terhadap seluruh APK terpasang secara serentak. 

Penertiban dilakukan bersama tim gabungan dari unsur Bawaslu, satpol PP, Dishub, kepolisian, dan TNI. Total yang ditertibkan mencapai lebih 5000 APK berbagai jenis.

"Penertiban APK dari kemarin kita lakukan, kalau masih ada terus kita tertibkan," kata Binos.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar