Yamaha Aerox

7.190 Anggota Linmas Dilibatkan Amankan Pemilu 2019

  Selasa, 16 April 2019   Dede Nurhasanudin
Anggota Linmas Disiapkan untuk ikut mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Purwakarta. (dede Hasanudin/ayopurwakarta).

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Tidak hanya tim gabungan Polres Purwakarta, Pemkab setempat juga mengerahkan ribuan linmas untuk mengamankan proses Pemilu 2019.

Kasi Linmas Satpol PP Purwakarta, H. Meman Sulaeman mengatakan, linmas akan dibagi dalam dua tugas yang berbeda, yaitu Pengamanan Langsung dan pengamanan wilayah yang bertugas diseluruh TPS di Purwakarta.

"Ada dua tugasnya yaitu berjaga di dalam TPS dan di luar TPS," ujarnya dalam rilis Diskominfo yang diterima Ayopurwakarta.com, Selasa (16/4/2019).

Ada pun jumlah yang dikerahkan yaitu 7.190 anggota linmas. Menurutnya jumlah tersebut dibagi dua, yakni 5.270 anggota Linmas yang  berjaga di dalam TPS, sedangkan 1.920 bertugas diluar TPS atau disebut dengan Pengamanan Luar Wilayah TPS.
 
Setiap TPS akan dijaga oleh dua orang Linmas dan 4 orang yang menjaga diluar, sedangkan untuk wilayah di Kabupaten Purwakarta, Meman mengatakan wilayah kecamatan Purwakarta dan wilayah yang dekat ke kota salah satu wilayah yang banyak Linmas dikerahkan untuk membantu sesuai domisili.

"Yang bertugas sudah diberikan mekanismenya seperti apa, karena mereka akan bersinergi dan berkordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di tempat para linmas bertugas," ungkapnya.
 
Menuruntya, dikerahkannya anggota Linmas adalah sebagai bantuan untuk mengamankan dalam menjaga ketentraman dan ketertiban dalam kegiatan pemilu.
 
"Bentuknya bantuan saja, karena kan kita juga ingin pemilu ini nyaman,damai, aman dan tertib," ucapnya.

Meman pun mengungkapkan bahwa anggota linmas juga bisa jadi berinisiatif berkeliling kerumah warga untuk mengajak segera ke TPS, hal itu menurutnya lebih baik sebagai bentuk pro aktif.
 
"Memang tidak ada tugas khusus, tapi kalau berinisiatif mengajak warga untuk mencoblos dan tidak golput itu sah - sah saja, karena secara komunikasi kan mereka sudah tahu dan sebagai bentuk pro aktif," tandasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar