A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

  
Yamaha Mio S

Warga Binaan Lapas Kelas IIB Purwakarta Ikut Serta Memilih

  Rabu, 17 April 2019   Dede Nurhasanudin
Proses pemilihan di lapas kelas IIB Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM—Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (lapas) kelas II B Purwakarta antusias menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Terdapat 2 TPS yang didirikan di dalam lapas yakni TPS 034 dan TPS 035. Anggota TPS berjumlah 7 orang merupakan petugas lapas, warga binaan lapas yang tergabung dalam pramuka pun diperbantukan dalam prosesi berjalannya pemilihan.

Kalapas kelas II B Purwakarta Suprapto mengatakan, jumlah penghuni lapas Kelas IIB Purwakarta sebanyak 552 orang.

Pemungutan suara diikuti oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebanyak 466 orang dan pegawai sebanyak 57 orang dengan rincian daftar pemilih tetap (DPT) 296 dan jumlah daftar pemilih tambahan (DPTB) yakni 227 orang.

"Jumlah pemilih di lapas ini yakni 523 orang," ujar dia.

Dia menjelaskan, untuk membantu mengamankan pelaksanaan pemilu dibantu oleh petugas keamanan dari Kepolisian Resor Purwakarta dan Komando Militer (Kodim) 0619/Purwakarta.

Sejak awal, baik sebelum dan sesudah pelaksanaan pemilu tersebut, Lapas Kelas IIB Purwakarta terus menjalin komunikasi dan koordinasi guna melindungi hak warga binaan maupun pegawai untuk memiliki hak pilih dan melaksanakan hak pilihnya di dalam lapas.

"Koordinasi terus kita lakukan agar hak pilih mereka tetap terlindungi," kata dia.

Sementara itu, sebelum pelaksaan pemilihan warga binaan mengikuti sosialisasi pemilu terlebih dahulu dari penyelenggara. Soal kampanye partai politik tidak diperbolehkan karena dikhawatirkan ada gesekan di antara mereka.

"Kalau sosialisasi tata cara pencoblosan ada, tapi kalau kampanye parpol tidak ada. Mereka memilih sesuai hati nurani dan dipastikan tidak ada paksaan dari siapa pun," ucap dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar