A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

  
Yamaha Mio S

Lestarikan Tanaman Bambu, Pemkab Purwakarta Akan Gelar Festival Bambu

  Rabu, 24 April 2019   Dede Nurhasanudin
Pohon bambu yang sudah di tebang milik warga Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM—Pada minggu (28/4/2019) mendatang bakal ada festival unik di Kabupaten Purwakarta. Festival akan digelar di Taman Pasanggrahan Padjajara Anyar (Alun-alun Purwakarta).

Adalah festival bambu yang rencananya akan diikuti sedikitnya 20 peserta perwakilan se Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Hal tersebut dibenarkan Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (24/4/2019).

"Iya betul Pemkab Purwakarta akan menggelar festival bambu rencananya pada hari minggu akhir pekan ini," ujar Heri.

Heri menjelaskan bahwa digelarnya festival ini bertujuan untuk melestarikan pohon bambu agar tidak hilang tergerus perkembangan zaman.

"Salah satu upaya kami melestarikan bambu di Jabar khususnya di Purwakarta," kata dia.

Menurutnya, bambu merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Namun, pemanfaatannya masih belum maksimal. Karena itu pihaknya ingin potensi lain dari tanaman bambu ini bisa dikembangkan lagi.

"Kita ingin bambu tetap lestari namun bisa bernilai ekonomis, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Heri.

Tak hanya dari sisi ekonomi, jika bambu sudah disulap menjadi kerajinan, maka bisa mendongkrak pariwisata, Karena itu, lanjut Heri festival ini diharapkan mampu mengubah cara pandang masyarakat terhadap tanaman bambu.

Menurutnya, masyarakat Jabar sudah tak asing lagi dengan tanaman bambu. Bahkan, saking terikatnya dengan tanaman ini, warga Jabar juga sudah terbiasa mengonsumsi tunas bambu yang masih muda. Atau istilahnya sayuran rebung.

"Pengunjung nantinya bisa melihat-lihat hasil kerajinan dari bambu dan permainan yang terbuat dari bambu. Untuk Purwakarta akan diwakili oleh perajin miniatur perahu dan perajin alat musik dari bambu," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar