Yamaha NMax

Saling Berbagi Jadi Salah Satu Cara Mengetaskan Kemiskinan

  Rabu, 08 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Ketua DPC Partai PKB Kabupaten Purwakarta, Neng Supartini. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Purwakarta, Neng Supartini mengatakan zakat, infak, dan sedekah merupakan salah satu cara ajaran Islam untuk mengetaskan kemiskinan.

Apalagi di bulan Ramadan merupakan momentum untuk lebih meningkatkan rutinitas keagamaan dan saling berbagi terhadap sesama.
"Zakat, infak, dan sedekah itu bagian dari cara Islam dalam mengentaskan kemiskinan. Sehingga, keadilan sosial dapat segera kita wujudkan," ujar perempuan yang akrab disapa Teh Neng tersebut, Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, jika sudah masuk bulan Ramadan, sering merasa terenyuh. Negara dan kelompok masyarakat yang sudah mampu harus hadir demi menjawab persoalan kemiskinan. Apalagi, umat muslim memiliki item ibadah sosial yang strategis dalam upaya untuk itu. 

"Delapan ashnaf (golongan) itu harus menjadi prioritas. Makanya, zakat itu bagian dari solusi masalah sosial," kata Teh Neng.

Tak hanya itu, dibulan Ramadan juga harus dijadikan tuntunan untuk mewujudkan keadilan sosial. Misalnya berkumpul bersama warga dengan mengundang mereka ke rumah untuk berbuka puasa bersama. Mereka bisa merasakan berkah Ramadan.

"Bulan puasa banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya berkumpul bersama warga terdekat. Hal itu untuk mewujudkan Pancasila sila kelima dibulan Ramadan," ujar Teh Neng.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar