A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

  
Yamaha Mio S

Lipkhas KPPS; 4 Orang Meninggal Dunia, 44 Sakit, Siapa Bertanggung Jawab?

  Rabu, 15 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Grafis Pemilu

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Perhelatan Pemilu serentak 2019 telah usai, khususnya di Kabupaten Purwakarta berjalan sukses tanpa ada kendala yang signifikan. Namun menyisakan luka mendalam bagi semua pihak.

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta tercatat empat orang Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia dan 44 orang lainnya jatuh sakit. 

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ahmad Ikhasan Faturahman menyebut penyebabnya cukup beragam, faktor kelelahan dan memiliki riwayat medis sebelumnya, dan hampir rata-rata secara umum sakit lebih kepada faktor kelelahan.

"Meninggal dunia empat orang dan 44 orang jatuh sakit," ujar Ahmad, Selasa (15/5/2019).

KPU akan memberikan santunan kepada para pahlawan demokrasi tersebut. Proses pengajuan telah ditempuh dan menunggu hasil dari KPU pusat.

"Kami sedang menunggu dari KPU Pusat, yang pasti sedang kami perjuangkan," ujar Ahmad.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil rapat kerja Komisi II DPR RI di tingkat provinsi para penyelenggara yang telah gugur akan diberikan santunan maksimal untuk kluarganya berupa bantuan pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

"Mereka adalah pejuang demokrasi yang patut diapresiasi setinggi-tingginya," ucap dia.

Diketahui sebelumnya, dua petugas KPPS di Purwakarta dikabarkan meninggal dunia saat bertugas di TPS pada Pemilu 17 April 2019 kemarin.

Dua petugas TPS yang meninggal dunia yaitu Deden Danhuri saat bertugas di TPS 03 Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Purwakarta.

Lalu setelah itu, satu orang petugas di TPS 01 Desa Gardu Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta bernama Carman juga menghembuskan nafas terakhirnya saat penghitungan suara berlangsung di TPS tersebut pada malam harinya.

Jumlah penyelenggara pemilu yang meninggal dunia di Kabupaten Purwakarta bertambah  setelah Hartanto anggota TPS 06 Desa Mulyamekar Kecamatan Babakancikao
meninggal dunia, setelah Pemungutan Suara mengalami kelelahan dan di rawat di RS Siloam Purwakarta, almarhum didiagnosa Pembengkakan Jantung dan meninggal pada 25 April 2019.

Kemudian Nyoman Sahrudin dikabarkan meninggal dunia pada 12 April 2019, setelah sebelumnya mengalami sakit dan sempat mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Ramahadi Purwakarta setelah melaksanakan tugas di KPPS 52 Kelurahan Ciseureuh,  Kecamatan/Kabupaten Purwakarta.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar