A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

  
Yamaha NMax

Cerita 3 Santriwati Berhasil Menghafal 30 Juz Alquran

  Kamis, 16 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
3 Santriwati Penghafal 30 Juz Alquran. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Sebagai umat muslim tentu bangga bahkan menjadi cita-cita sebagian besar masyarakat mampu menghafal 30 juz Alquran.

Seperti tiga santriwati Pondok Pesantren Al-Muhajirin kampus I Kabupaten Purwakarta yakni, Silvi Adilaelani (17), Siti Quraisin (16) dan Siti Vania (17) yang telah berhasil menghafal 30 juz Alquran.

Selain santriwati, mereka juga tercatat sebagai siswi kelas XI Madrasah Aliah di Pondok pesantren Jalan Raya Veteran tersebut.

AYO BACA : Ini Peninggalan Syekh Baim Yusuf Penyebar Islam di Purwakarta

Ketiga santriwati berparas cantik ini berbagi pengalaman selama menghafal kitab suci Agama Islam tersebut. Menurut mereka bukan hal mudah menghafal 30 juz dengan sempurna. Namun bukan hal sulit juga ketika dihafalkan, yang paling penting adalah ada kemauan dalam diri untuk menghafalkannya.

"Kalau ada kemauan inysaalloh pasti ada jalan, walau pun sulit, saya menghafal 30 juz kemauan sendiri tidak.ada dorongan dari siapa pun," kata salah satu santriwati, Silvi Adilaelani saat ditemui di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Kampus I, Purwakarta, Kamis (16/5/2019).

Silvi dan dan dua temannya itu merupakan santriwati yang beruntung berhasil lolos seleksi mengikuti program Takhasus Tahfidz Alquran, kemudian mengikuti metode latihan dari pembimbing.

AYO BACA : 12 Santapan Favorit Nabi Muhammad SAW

Ada pun metode yang diterapkan yakni, pukul 20.00-21.00 Wib membaca ayat Alquran, kemudian pukul 0.200 Wib mereka harus bangun untuk menghafal atau mengingat kembali ayat yang telah dibaca sebelumnya, kemudian setelah salat subuh ketiganya beserta para santriwati lain di test hafalan oleh pembimbing. Rata-rata mereka hafal 30 juz Alquran sekitar 2 tahun. 

"Ada yang susah namun ada juga juz yang sulit," tambah santriwati lainnya, Siti quraesin.

Selama menghafal mereka mengaku bukan tidak menemukan kesulitan, mulai dari rasa malas hingga ngantuk yang sering mereka rasakan disaat menghafal. Namun hal itu berhasil dilewati hingga pada akhirnya mereka berhasil menghafal Alquran 30 juz. 

Meski begitu mereka mengaku kerap lupa ayat yang telah berhasil dihafalkan. Untuk tetap menjaga hafalan tersebut mereka sering kali mengulang ayat yang telah berhasil dihafalnya tersebut.

"Iya terkadang suka lupa juga, tapi tetap kita jaga hafalab tersebut," ujar santriwati lainnya, Siti vania.

AYO BACA : Ingin Salat Tarawih 30 Juz? Datang ke Ponpes Ini

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar