Yamaha NMax

Disdik Purwakarta Mulai Sosialisasikan Regulasi PPDB

  Rabu, 12 Juni 2019   Dede Nurhasanudin
Dinas Pendidikan Purwakarta saat mensosialisasikan regulasi PPDB. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)
PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020 tidak lama lagi akan berlangsung. Tidak terkecuali di Kabupaten Purwakarta.
 
Dinas Pendidikan (Disdik) setempat pun mulai menyosialisasikan regulasi soal penerimaan peserta didik yang mengacu pada sejumlah peraturan yang ada.
 
Mulai dari Peraturan Menteri Pendidikan nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menegah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. 
 
Regulasi terkait PPDB adalah Surat Edaran Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1 Tahun 2019 dan Menteri Dalam Negeri nomor 420/2973/SJ tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik baru.
 
Selain kedua peraturan itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga telah menerbitkan Peraturan Bupati Purwakarta nomor 80 Tahun 2019 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB dan Zonasi pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2019/2020.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan, pelaksanaan PPDB di Kabupaten Purwakarta mengacu pada regulasi tingkat pusat, yaitu Pemendikbud 51 Tahun 2018 dan Edaran Bersama Mendikbud dan Mendagri.
 
PPDB tahun ini penerimaannya terdiri dari tiga jalur yaitu jalur Zonasi sebanyak 90 %, Jalur Prestasi sebanyak 5 % dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua sebanyak 5 %.
 
"Pendaftaran untuk jenjang SMP dilakukan secara online, sementara jenjang TK dan SD masih offline”, ujar Purwanto, di Purwakarta. Rabu (12/6/2019).
 
Dia menjelaskan bahwa jalur zonasi adalah penerimaan peserta didik berdasarkan jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan sekolah yang dituju.
 
Jalur prestasi adalah penerimaan peserta didik berdasarkan prestasi akademik (peraih 10 besar nilai tertinggi USBN SD Tingkat Kabupaten Purwakarta), prestasi hasil perlombaan dan kecakapan Tahfiz Al Qur’an.
 
Sementara jalur perpindahan tugas orang tua/wali adalah penerimaan peserta didik berdasarkan perpindahan tugas orang tua/wali yang dibuktikan SK penugasan atau perpindahan dari isntansi terkait.
 
"Aturannya sudah sesuai Permen nomor 51 untuk PPDB 2019 ini," kata Purwanto.
 
Ia mengatakan bahwa surat edaran bersama tersebut sudah mulai disosialisasikan kepada pihak sekolah mengingat waktu ajaran baru sudah semakin dekat.
 
"Kita terus sosialisasikan termasuk pemantauan dalam PPDB, mudah - mudahan bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar