Yamaha NMax

Semua Objek Wisata Air Wajib Miliki Lifeguard

  Rabu, 12 Juni 2019   Dede Nurhasanudin
Lifeguard. (Antara).

PURWAKARTA KOTA,AYOPURWAKARTA.COM--Dinas Pemuda Olahraha Parawisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta menyayangkan meninggalnya dua pengunjung Alam Sari Wates. Hal itu terjadi karena akibat kelalaian pengelola dalam pengawasan terhadap pengunjung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/6/2019).

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mendatangi pihak pengelola objek wisata Alam Sari Wates agar lebih memperhatikan aspek keselamatan, terutama pengelolaan wisata air.

"Kami sudah kesana dan meminta untuk fasilitas keselamatan pengunjung agar diperhatikan, khususnya wahana air," kata Irfan.

Menurut Irfan, sebetulnya di setiap objek wisata sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP), misal menghadirkan Lifeguard atau semacam penjaga keamanan yang ada di area kolam renang bersertifikat atau ahli penyelamatan. Sehingga jika ada pengunjung memerlukan pertolongan dapat tertangani dengan cepat.

"Lifeguard sangat penting dan wajib ada di setiap wisata air, mereka nanti yang akan menyelamatkan pengunjung jika terjadi di luar dugaan," ucap dia.

Sebelumnya, Sekda Purwakarta Iyus Permana mengintruksikan Disporaparbud untuk melakukan pengecekan terhadap standar keselamatan pengunjung di setiap objek wisata kolam renang di Purwakarta.

Iyus juga akan mengevaluasi perizinan tempat wisata yang tidak memberikan jaminan keselamatan pengunjung, karena jaminan keselamatan wajib ada di setiap tempat wisata karena akan berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan ke Purwakarta.

"Sudah kami tindak lanjuti perintah Pak iyus, kalau perijinan itu kewenangan ada di BPMTSP, dari bidang pariwisata hanya rekomendasi, itu juga dilihat dari jenis pariwisatanya," ujar Irfan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar