Yamaha

Olahan Sate Marrangi di Tangan Generasi Kelima

  Sabtu, 15 Juni 2019   Dede Nurhasanudin
Sate maranggi wa heri jawara. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

SUKATANI, AYOPURWAKARTA.COM -- Sate merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Jika Anda pecinta kuliner yang satu ini dapat berkunjung ke Kabupaten Purwakarta.

Hampir di setiap pelosok di daerah tersebut terdapat penjual sate maranggi terutama di Kecamatan Plered, Pemkab setempat menyediakan lahan khusus tempat berjualan sate maranggi, lokasinya tidak jauh dari Kantor Kecamatan Plered. Bahkan di sepanjang Jalan Raya Anjun juga terdapat pedagang serupa yang siap Anda kunjungi.

Namun bagi Anda yang ingin merasakan rasa olahan penemu sate maranggi dapat berkunjung ke Saung Lesehan Wa Heri Jawara Sate Maranggi berlokasi di Ruas Jalan Raya Cianting-Plered.

Ya, Saung Lesehan milik pria bernama lengkap Heri Efendi itu adalah turunan kelima dari penemu sate maranggi Mak Anggi atau dikenal dengan sebutan Mak Ranggi. Maka tak heran jika rasa yang dihasilkan identik yang pernah dibuat Mak Ranggi.

"Olahan bumbu sate maranggi saya menggunakan rempah-rempah sesuai resep yang pernah digunakan Mak Ranggi, termasuk bumbu kecapnya," kata Wa Heri.

Wa Heri menjual sate maranggi Rp3.000 per tusuk, sangat cocok dengan cita rasa yang dihasilkan. Apalagi menggunakan daging dan rempah-rempah yang masih segar.

Rumah Makan Sate Maranggi Wa Heri buka setiap hari mulai pukul 08.00 samapi dengan 22.00. Khusus Sabtu dan Minggu pelanggan harus ekstra sabar karena harus bersaing dengan pelanggan dari luar kota. Adapun daging yang disediakan adalah sapi dan domba. Menu tambahan lainnya adalah sop, karedok, petay, dan pelengkap lainnya.

"Kalau mau merasakan rasa sate maranggi yang identik dengan penemunya datang kesini, dijamin ketagihan," ujar dia promosi.

Selain berjualan Wa Heri juga kerap menerima panggilan ke luar kota untuk mengolah sate maranggi, mulai dari resepsi pernikahan atau acara lainnya.
 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar