Yamaha Aerox

Ketua MKKS SMA dan MKKS SMK Purwakarta Berselisih Soal Jumlah Kuota

  Senin, 24 Juni 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi. (Antara)

PURWAKARTA KOTA,AYOPURWAKARTA.COM--Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK dan SMA di Kabupaten Purwakarta, Darta dan Asep Sunjaya berselisih soal jumlah daya tampung SMA/SMK di Purwakarta.

Sebelumnya, Asep menyebut daya tampung SMK/SMA hanya 9.132 orang, sementara lulusan SMP pada tahun ini sebanyak 17.077 orang. Artinya sekitar 7.000 pelajar lulusan SMP dikawatirkan tidak bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya. Alasaanya ruang kelas yang tersedia saat ini tidak cukup untuk menampung secara keseluruhan.

Asep pun menyarankan pemerintah untuk menambah ruang kelas baru di setiap sekolah jika ingin terserap secara menyeluruh.

Pernyataan Ketua MKKS SMA itu disesali Ketua MKKS SMK, Darta. Dia menilai perhitungan lulusan SMP di Purwakarta tidak bisa tertampung di SMA atau sederajat tidak mempunyai dasar yang kuat dan tidak berkoordinasi dengan ketua MKKS SMK Purwakarta.

Dijelaskan, jumlah tersebut sebetulnya bisa masuk ke SMA atau SMK swasta di Purwakarta. Ada kuota sekitar 5000 siswa lebih di SMK swasta, belum termasuk SMA swasta.

"Bisa tertampung ko, kenapa tidak," kata Darta.

Semua sekolah baik negeri mau pun swasta memiliki standar yang sama. Apalagi saat ini ada kesamarataan antara kedua status sekolah tersebut. Asalkan wali murid memiliki kepercayaan terhadap sekolah untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta.

"Mau sekolah dimana pun sama saja," ucap dia.

Selain itu Darta menyebut siswa yang meneruskan pendidikannya ke jenjang sekolah kejuruan akan memiliki keahlian tertentu setelah lulus nanti, meski ada sejumlah sekolah terbilang kurang, namun tidak mengurasi proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Sekarang ini pembelajaran di sekolah swasta sama saja baik proses maupun hasil. Mungkin ada beberapa SMK yang masih terbilang kurang, tapi tidak mengurangi proses pembelajaran," ujar dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar