Yamaha Aerox

Kesadaran Masyarakat Terhadap Bahaya HIV/AIDS Semakin Baik

  Senin, 24 Juni 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi. (Antara)

PURWAKARTA KOTA,AYOPURWAKARTA.COM--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta memperkirakan terjadi peningkatan jumlah kasus HIV-AIDS di Purwakarta pada usia produktif.

Pada tahun ini, ada penambahan 58 kasus HIV di hitungan bulan Juni 2019, dari total sebelumnya yang telah mencapai 632 kasus.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Meisera Pramayanti menyebut ada penambahan puluhan kasus penyebaran HIV di Purwakarta, rata-rata yang terjangkit pada usia produktif.

"Iya ada penambahan rata-rata usia produktif antara 16-30 tahun," kata perempuan yang akrab disapa dokter Mei itu.

Adanya jumlah peningkatan itu pihaknya tidak tinggal diam. Upaya meminimalisasi penyebaran  virus berbahaya itu pun terus dilakukan. 

Doker Mey mengajak ke semua elemen masyarakat agar berperan aktif menekan penyebaran virus membahayakan bagi kesehatan imun tubuh itu dengan melakukan penyuluhan atau imbauan-imbauan soal bahaya pergaulan bebas bisa terus dicanangkan kepada kawula muda.

"Tidak hanya pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, maupun tokoh masyarakat dan agama hingga masyarakat itu sendiri harus turut memiliki tanggungjawab untuk penanggulangan," kata dia.

Ia mengatakan bahwa saat ini kesadaran masyarakat akan bahaya HIV-AIDS sudah semakin baik. Salah satu indikatornya yaitu semakin banyak warga yang bersedia melakukan tes antiretroviral (ARV). 

Selain itu, stigma negatif dari masyarakat juga tidak sedahsyat dulu.Dengan begitu, saat ini lingkungan di masyarakat, sudah mengalami perubahan mindset. Bahkan, mendukung warganya untuk melakukan tes sejak dini. 

"Kami apresiasi atas keberanian masyarakat ini," ujarnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar