Yamaha Aerox

Warga Desa Pawenang Manfaatkan Pohon Aren Datangkan Rezeki

  Rabu, 03 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Gula merah hasil pengrajin warga Desa Pawenang Kecamatan Bojong Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

BOJONG, AYOPURWAKARTA.COM--Kecamatan Bojong bisa dikatakan penghasil teh terbesar di Kabupaten Purwakarta. Sebagian besar masyarakat di sana menggeluti usaha itu.

Selain teh, Kecamatan Bojong juga penghasil gula merah berbahan baku air pohon aren. Seperti di Desa Pawenang misalnya banyak terdapat home industri gula merah yang telah berjalan sejak lama.

Skretaris Desa (Sekdes) Pawenang Kecamatan Bojong, Sarifudin mengatakan bahwa pohon aren tumbuh subur di Desa Pawenang menjadi modal utama masyarakat mengembangkan usaha gula merah. Air pohon aren disadap kemudian diolah menjadikan gula merah siap edar.

\"Memang dari dulu banyak warga yang mengolah gula merah berbahan dasar air aren,\" kata dia, Rabu (3/7/2019).

Teknis pengolahan sendiri cukup beragam sesuai keinginan pengrajin dan kebutuhan pasar. Namun sebagian besar gula aren diolah dengan ukuran pada umumnya seperti kebanyakan beredar di pasaran.

AYO BACA : Gula Merah Unik Purwakarta Buatan Pasangan Usia Senja

Soal pemasaran dia menyebut telah memiliki pelanggan masing-masing. Meski begitu pihak desa mendorong agar home industri ini tetap bertahan. 

Hanya saja Saripudin mengaku belum dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Namun kedepan akan dikelola agar pemasaran mereka juga lebih luas.

\"Belum, tapi kalau rencana akan kita kelola,\" uar dia.

Saripudin merinci jumlah pengrajin gula merah di Desa Pawenang berjumlah sekitar 20 orang. Namun untuk pengrajin gula merah berukuran kecil yang masih tetap bertahan yaitu Abah Halim dan istrinya Hotimah.

Tak hanya itu, di Desa Pawenang juga ada masyarakat memanfaatkan ijuk pohon aren diolah menjadi sapu kemudian di pasarkan bahkan tidak sedikit juga pemesan datang ke rumah pengrajin.

\"Tidak banyak hanya Pak Mumuh saja pengrajin sapu ijuk. Di sini kebanyakan memang pengrajin gula aren,\" kata dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar