Yamaha NMax

Perbaikan Ruas Jalan Militer Hanya Penambalan

  Kamis, 04 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Kondisi ruas Jalan Militer di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP) Kabupaten Purwakarta telah berkoordinasi dengan PT Wika membahas soal kerusakan ruas Jalan Militer akibat dampak aktivitas pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan DPUBPM Purwakarta Lalan Suherlan mengatakan, hasil dari pertemuan tersebut menghasilkan solusi atas kerusakan ruas Jalan Militer yang selama ini kerap dikeluhkan masyarakat sekitar.

PT Wika berjanji akan memperbaiki Jalan Militer secara bertahap. Saat ini akan dilakukan penambalan permukaan badan jalan yang rusak. Artinya, perbaikan tidak dilakukan mencakup keseluruhan struktrur jalan.

"Kita sudah ketemu sama pihak PT Wika dan besok kita akan kesana kemudian pekan depan dilakukan perbaikan jalan, untuk sementara hanya penambalan badan jalan yang rusak," kata Lalan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/7/2019).

DPUBMP Kabupaten Purwakarta meminta PT Wika pada perbaikannya nanti tak asal, mengingat Jalan Militer merupakan akses penghubung antar desa yang setiap harinya digunakan untuk peningkatan roda perekonomian masyarakat.

"Kami minta perbaikannya yang bagus, tidak asal-asalan," ujar dia.

Selain itu, ada juga rencana lain yaitu PT Wika akan membangun jalur baru. Artinya Jalan Militer khusus digunakan untuk perlintasan truk milik perusahaan, sementara masyarakat melintasi akses jalur baru itu.

"Tidak sepanjang Jalan Militer diganti, paling di sejumlah titik yang dianggap perlu untuk membukan jalan baru, paling sekitar 300 meter," ucap dia.

Namun, lanjut Lalan, hal itu merupakan rencana jangka panjang yang realisasinya belum bisa ditentukan. Jika pun terealisasi, terdapat tahapan atau aturan yang harus ditempuh.

"Belum pasti soal itu, yang sudah disepakati adalah pihak PT Wika akan melakukan perbaikan ruas jalan dengan penambalan, untuk sementara itu saja," ucap Lalan.

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar