Yamaha

Musim Kemarau, Masyarakat Rawan Terserang Penyakit ISPA

  Senin, 08 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
ilustrasi ISPA. (reuters)

BOJONG, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta mewaspadai penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) pada musim kemarau ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan menjelaskan, pada musim kering penyakit yang rawan dialami warga adalah ISPA dikarenakan kondisi lingkungan akan cenderung gersang dan berdebu. Terlebih bagi masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan maka sangat rawan berpotensi terserang.

"Antisipasinya yah harus menggunakan masker dan menjaga daya tahun tubuh," kata dia saat ditemui di sela-sela acara HUT Bhayangkara ke 73 di Kecamatan Bojong, Senin (8/7/2019).

Selain itu, Deni menyebut selama empat bulan ke depan mulai Agustus-November, diperkirakan masyarakat juga rawan terserang penyakit demam berdarah dangue (DBD) akibat perubahan cuaca.

Bintik-bintik nyamuk mulai menetas sehingga hal itu juga perlu diwaspadai sejak dini. Antisipasi paling baik adalah memberantas sarang nyamuk.

"Salah satu pencegahan baik adah bukan fogging melainkan pemberantasan sarang nyamuk, dan hal itu perlu kita lakukan," ujar dia.

Penyakit DBD sendiri merupakan penyakit menular akibat virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue.

Deni menambahkan bahwa masyarakat harus melakukan gerakan menutup, menguras, mengubur, dan memantau (gerakan 4M) sebagai antisipasi terserang penyakit tersebut.

"Dibulan itu masyarakat harus proaktif disamping kita juga melakukan antisipasi lain," ucap dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->