Yamaha Aerox

Tren Gizi Buruk di Purwakarta Menurun

  Selasa, 09 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
ilustrasi. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan menyebutkan, angka penderita gizi buruk di Purwakarta alami penurunan jika dibandingkan pada empat tahun terakhir.

"Pada 2015 ada 85 anak dengan kategori gizi buruk, sementara pada tahun ini 46 kasus, artinya ada penurunan," kata Deni, Selasa (9/7/2019).

Menurutnya, 46 kasus gizi buruk itu mayoritas akibat penyakit bawaan. Tetapi ada juga akibat orang tua menikah muda, ditinggal orang tua yang pergi ke luar negeri, atau faktor-faktor yang menyertai kedua hal tersebut, misalnya akibat salah pola asuh.

Selama ini, lanjut dia, pihaknya terus melakukan antisipasi agar kasus tersebut tidak kembali terulang. Apalagi saat ini tersedia bank gizi di setiap puskesmas. Pasien dengan gizi buruk terus dipantau perkembangannya.

"Setiap Jumat petugas puskesmas menyambangi anak-anak dengan gizi buruk untuk diberi makanan tambahan," ujar dia.

Lebih lanjut, Deni mengimbau jika ada warga yang menemukan kasus gizi buruk dengan kategori baru, sebaiknya segera laporkan ke petugas puskesmas terdekat sehingga nanti dapat ditangani.

"Tidak usah malu atau sungkan segera hubungi petugas kami di puskesmas terdekat. Jika dibiarkan nanti kondisinya malah tidak terkontrol," ujar dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar