Yamaha Aerox

Begini Penjelasan "Nyai Pohaci" Jadi Tema Hari Jadi Purwakarta

  Kamis, 11 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Pada perayaan  hari jadi Purwakarta ke-188 dan hari jadi Kabupaten Purwakarta ke-51 mengambil tema Nyai Pohaci. Tema tersebut memiliki kandungan makna mendalam di Indonesia khususnya Jawa Barat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan bahwa Nyai Pohaci dalam bahasa sunda adalah padi. Padi sendiri merupakan bahan dasar konsumsi utama di tanah air.

Selain itu, Anne juga sekaligus ingin menggaungkan kembali produk makanan berbahan dasar beras. Apalagi, dimasa kepemimpinannya pengembangan ekonomi kreatif menjadi salah satu program yang jadi perhatiannya.

"Di momen hari jadi tahun ini, sengaja kita angkat temanya Nyai Pohaci (padi)merupakan bagian dari mengingatkan seluruh elemen masyarakat akan manfaat dan pentingnya Padi. Di kita ada simping, nanti akan kita angkat dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Anne, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, area persawahan semakin ke sini menyusut lantaran tidak sedikit dialihfungsikan menjadi sektor lain, semisal perumahan atau lainnya. Apalagi sektor pertanian nyaris terlupakan oleh generasi saat ini.

"Alasan itu yang mendasari Nyai Pohaci diangkap sebagai tema pada perayaan hari jadi. Saya ingin masyarakat peduli terhadap area pertandian terutama beras karena selain sebagai bahan pokok masih banyak manfaat dari padi,” kata Anne.

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar