Yamaha Aerox

Rawa Kalimata Rencana Dinormalisasi PT IBR

  Kamis, 11 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Novita Pajrina dari pihak PT Indo Barat Rayon Purwakarta saat menjelaskan pemulihan Rawa Kalimati di Aula Hotel Harper Purwakarta, Kamis (11/7/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

BUNGURSARI, AYOPURWAKARTA.COM -- PT Indo Barat Rayon (IBR) Purwakarta mensosialisasikan rencana pemulihan fungsi lingkungan hidup Rawa Kalimati di Aula Hotel Harper Purwakarta, Kamis (11/7/2019).

Direktur Publik Relation PT IBR Purwakarta Febri Siahaan mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberitahukan PT IBR yang akan melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA) tanggal 17 Juli 2017.

Ia menjelaskan, perencanakan pembersihan Rawa Kalimati juga sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 33 2009. Ia menegaskan, mengacu dari dua hal itu pihaknya akan mengembalikan Rawa Kalimati ke kondisi semula.

PT IBR sendiri telah menunjuk PT Econusa sebagai konsultan untuk penyusunan dokumen rencana proyek pembersihan Rawa Kalimati.

Konsultan juga bekerja sama dengan PT ALS sebagai pihak ketiga yang berwenang dalam permasalahan laboratorium. Pekerjaannya antara lain untuk mengambil sampel seluruh tanah dan melakukan uji analisa tanah Rawa Kalimati.

"Berbagai sampel juga dianalisis langsung untuk mengindentifikasi jumlah yang dapat digunakan di dalam boiler (uji melalui lab PT IBR dan pihak ketiga)," jelas Febri.

Berdasarkan hasil analisa volume total bahan dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu limbah B3 6.981 M3, usable waste di boiler 12.666 M3, not usable waste di boiler 68.470 M3.

"Progres hingga saat ini kami telah melakukan beberapa hal, salah satunya yaitu bertemu dengan pihak terkait, KLH, DLH, BBWS, dan PJT di Jakarta," ujar dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar