Yamaha NMax

Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Seluas 1 Hektare Hangus Terbakar

  Jumat, 12 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta tengah melakukan pemadaman api di lahan kosong di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta yang terbakar. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Lahan seluas satu hektare di Desa Cianting Utara Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta hangus terbakar diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan, Jumat (12/7/2019).

Lahan kosong dipenuhi ilalang itu berhasil dipadamkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) setelah menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

AYO BACA : 12 Gerbong Kereta Api Ludes Terbakar

\"Alhamdulillah setalah satu mobil Pemadam Kebakaran Poswil 1 Plered di datangkan api berhasil dipadamkan,\" ujar Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono.

Wibi berpendapat, pada musim kemarau memang rawan terjadi kebakaran baik di pemukiman warga mau pun di lahan kosong dipenuhi rerumputan dan ilalang.

AYO BACA : Musim Kemarau, Sejumlah Lahan Ilalang Purwakarta Terbakar

Untuk itu, Wibi menghimbau kepada semua elemen masyarakat untuk menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan kebakaran, termasuk membuang puntung rokok sembarangan.

\"Kita mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi membuatnya ke area mudah terbakar, misal rumput dan ilalang mulai mengering dampak musim kemarau,\" kata Wibi.

Ia mengakui, selama sepekan ini telah terjadi kebakaran di lahan kosong yang dipenuhi ilalang dan pepohonan. 

\"Kita masih melakukan pendataan lokasi kebakaran lahan kosong dan kita juga terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang rawannya kebakaran lahan kosong,\" kata Wibi.

AYO BACA : Musim Kemarau, Purwakarta Rawan Kebakaran

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar