Yamaha NMax

Masa Pengenalan Sekolah, Siswa Purwakarta Akan Fokus Jaga Kebersihan Lingkungan

  Senin, 15 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekola (MPLS) tahun ajaran 2019-2020 akan dikonsentrasikan pada upaya menjaga kebersihan lingkungannya. Contohnya seperti membersihkan sampah dari ruang publik.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto menilai, persoalan sampah seolah tidak habisnya. Kesadaran masyarakat membuang sampah juga masih minim sehingga sampah bertebaran dimana-mana. Untuk itu, pihaknya menerapkan sadar sampah sejak dini kepada para pelajar di Purwakarta melalui program MPLS di sekolah selama tiga hari ke depan.

AYO BACA : Bupati Purwakarta Akui Armada Pengangkut Sampah Masih Kurang

"Jadi untuk MPLS kita orientasikan kepada para pelajar bagaimana anak-anak kita paham betul soal ancaman sampah, terutama sampah plastik," ujar Purwanto ditemui di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Senin (15/7/2019).

Ia mengatakan, tujuan selama MPLS ditekankan terhadap orientasi kebersihan agar para pelajar paham betul terhadap pendidikan lingkungan hidup dan itu bagian dari pendidikan karakter yang harus dibangun sejak dini.

AYO BACA : Bank Sampah Panulisan Purwakarta Ajak Warga Peduli Sampah

"Banyak anak-anak masih minim akan sadar sampah, misal sudah mengkonsumsi makanan sampah dibuang begitu saja. Ini yang harus kita bangun," ujar Purwanto.

Menurutnya, selama MPLS berlangsung para pelajar akan diorientasikan gerakan kebersihan membersihkan sampah plastik di lingkungan masyarakat, sekolah dan sejumlah ruang-ruang publik lainnya.

"Anak-anak semua harus terjun, kita juga di dinas pendidikan semua disebar untuk melakukan monitoring termasuk kepala sekolah terjun ke lapangan," tandasnya.

AYO BACA : Sampah Menumpuk di Jalan Warung Jeruk Tegalwaru

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar