Yamaha

Colenak, Makanan 'Dicolek Enak' Khas Purwakarta

  Jumat, 26 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Colenak. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

SUKATANI, AYOPURWAKARTA.COM -- Ragam kuliner tersedia di Kabupaten Purwakarta. Selain sate maranggi yang sudah terkenal ke berbagai daerah, ada juga makanan khas Bendul Kecamatan Sukatani, yaitu colenak.

Colenak berasal dari singkatan "dicocol enak". Makana ini berbahan dasar singkong yang dijadikan peyeum alias tape, kemudian diolah kembali dengan cara digoreng atau dibakar. Setelah itu dihidangkan lalu dilumuri kelapa parut, cairan gula merah, dan ditaburi kacang tanah sebagai bumbu tambahan.

AYO BACA : Wajib Dicoba, Aneka Rasa Surabi Gapura Kang Dyan

Makanan berpenampilan sederhana ini cukup menarik konsumen baik dalam maupun luar Purwakarta. Apalagi rasanya cukup memberikan sensasi luar biasa di lidah.

Oleh-oleh ini pun banyak dijual di sepanjang Jalan Raya Sukatani dan biasanya dijajakan satu paket dengan peuyeum bendul.

AYO BACA : Ini Dia Asal Usul Sate Maranggi di Purwakarta

Para pedagang umumnya mematok harga Rp10.000 per bungkus. Biasanya oleh-oleh ini banyak diburu oleh wisatawan dari Bandung Barat atau sekitaran Waduk Cirata.

"Iya colenak juga menjadi oleh-oleh khas Bendul disamping peuyeum yang telah legendaris," kata salah seorang pedagang colenak, Nurhayati (37), Jumat (26/7/2019).

Dia mengaku telah menjual peuyeum bendul dan colenak sudah sejak lama. Permintaan keduanya cukup tinggi sebelum ada Tol Cipularang karena bus pariwisata atau pengguna jalan lain sering mampir memborong colenak, peuyeum, ubi bakar atau lainnya.

Namun saat ini permintaannya menurun jika dibandingkan beberapa tahun silam. "Jelas berkurang, tapi tetap ada pengguna jalan yang mampir," ujar dia.

Meski begitu, para pedagang mengaku tetap bertahan karena selain telah menjadi mata pencaharian masyarakat setempat juga ingin melestarikan makanan legendaris khas Bendul yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Purwakarta.

AYO BACA : Kampung Sukarata Sentra Ketupat di Purwakarta

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar