Yamaha

Wabup Purwakarta Minta Desa Berinovasi Demi Kesejahteraan Masyarakat

  Rabu, 31 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Wakil Bupati Purwakarta H Aming. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM--Zona 1 dan 2 telah mengikuti program Bursa Inovasi Desa (BID). BID sendiri digelar selain untuk menjembatani kebutuhan masyarakat juga sebagai sarana penyelesaian masalah dalam penggunaan dana desa (DD) agar sesuai peruntukannya.

Wakil Bupati Purwakarta H Aming mengatakan, setiap Pemerintah desa diharapkan mampu berinovasi melalui program-program unggulan untuk mensejahterakan masyarakat di desanya masing-masing semisal melalui BUMDes.

AYO BACA : BID Rangsang Inovasi Pembangunan Desa

\"Semua desa kan sekarang mendapatkan anggaran dana desa, jadi dari kepala desa perangkat desanya berinovasi untuk mensejahterakan masyarakat di desanya masing-masing seperti melalui BUMDes,\" ujar H Aming usai membuka BID zona I tahun 2019 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jalan Purnawarman, Purwakarta, Rabu (31/7/2019).

Anggaran dana desa telah digulirkan sejak 2015 lalu melalui Kemendes PDTT, setiap desa mendapat anggaran itu sejak tahun 2015 lalu. Sehingga lanjut H Aming kesejahteraan masyarakat juga diharapkan lebih meningkat.

AYO BACA : Wabup Purwakarta Minta Dana Desa Prioritaskan Bangun Infrastuktur

\"Harapannya kepada para kepala desa tolong kesejahteraan masyarakat diperhatikan, baik di bidang pedidikan, kesehatan, dan infrastruktur,\" kata H Aming.

Ia mengatakan, untuk pengawasan tetap dilakukan secara akuntabel dan transpran. Sejumlah lembaga baik di daerah maupun pusat turut mengawasi dana yang masuk ke desa.

\"Ada pengawasan dari Inspektorat ada pendamping desa dari Kemendes dan pengawas lainnya,\" ucap dia.

Diketahui, BID zona I diikuti sembilan Kecamatan yaitu, Kecamatan Purwakarta Kota, Pondoksalam, Pasawahan, Jatiluhur, Sukasari, Babakancikao, Bungursari, Campaka dan Kecamatan Cibatu.

Sementara zona 2 telah diikuti delapan Kecamatan yaitu Kecamatan Maniis, Tegalwaru, Plered, Sukatani, Darangdan, Bojong, Wanayasa dan Kiarapedes mengikuti BID pada Selasa (30/7/2019) kemarin di Aula Kantor Desa Plered, Kecamatan Plered, Purwakarta.

AYO BACA : Apdesi: Kades Harus Kelola Dana Desa Secara Transparan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar