Yamaha

Terlanda Kemarau, Taman Tematik Purwakarta Perlu Perhatian Lebih

  Jumat, 09 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Taman Tematik Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Tata ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta memprogramkan mesin siram otomatis di taman tematik. Program itu ditempuh untuk menyelamatkan sejumlah tanaman tidak tahan panas, mengingat saat ini Purwakarta dilanda musim kemarau panjang.

Kabid Pertamanan dan PJU pada Distarkim Kabupaten Purwakarta Kosasih mengatakan, taman tematik di Purwakarta berjumlah 68. Masing-masing taman ditanami jenis tanaman beragam. Sebagian tanaman tersebut tidak tahan dalam kondisi cuaca panas, seperti tanaman hias Taiwan, Sarbina Hijau dan Sarbina Golden.

"Bukan tidak kami rawat tapi memang tidak tahan panas, maka terobosan baru dianggap penting agar tanaman itu tetap tumbuh," ujar Kosasih, Jumat (9/8/2019).

Program instalasi penyiraman otomatis dianggap penting di saat musim kemarau seperti saat ini. Kosasih mengaku khawatir dengan kondisi taman tematik lantaran tanaman bunga di taman tematik mulai mengering dampak musim kemarau.

AYO BACA : Peringatan Hari Koperasi di Purwakarta Bakal Meriah

"Program itu akan diusulkan pada 2020 mendatang. Soal titik mana saja akan inventarisasi terlebih dahulu. Jika terealisasi akan memudahkan petugas menyiram tanaman hias di seluruh taman kota yang ada,” ucap dia.

Sejauh ini, lanjut dia, kondisi taman-taman tematik relatif masih hijau. Hasil inventarisasi tanaman hias yang mengalami kekeringan sekitar 25%, sisanya masih terawat dengan baik.

Kosasih menambahkan, sejauh ini taman-taman indah ini sengaja dibuat untuk menjadi lokasi publik aktif dan multifungsi. Artinya, taman ini bisa jadi tempat bercengkrama keluarga, wahana rekreasi, hingga sarana edukasi.
 
“Selain banyak varian tanaman hiasnya, mungkin itu juga yang membedakan taman di Purwakarta dengan di daerah lain,”kata dia.

Selama ini taman-taman tersebut terus dirawat dengan baik. Pihaknya mengerahkan sedikitnya 125 petugas khusus. "Setiap hari, taman-taman ini diperiksa dan dijaga kebersihannya oleh mereka," ucap dia.

AYO BACA : Nikmati Keseruan Berendam Air Asli Pegunungan di Taman Batu Cijanun

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar