Yamaha NMax

Pimpinan DPRD Harus Cakap Berbagai Hal

  Senin, 12 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Pelantikan para anggota DPRD Kabupaten Purwakarta periode 2019-2024, Selasa (6/8/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Anggota DPRD Purwakarta periode 2019/2024 diketahui telah dilantik. Serah terima jabatan ketua DPRD sementara pun telah dilakukan bersamaan dengan pelantikan, Selasa (6/8/2019) lalu.

Ketua Gerakan Moral Masyarakat Purwakarta (GMMP) Hikmat Ibnu Ariel angkat bicara soal anggota DPRD terutama terhadap pimpinan definitif nantinya.

Ariel menilai, sosok Ketua DPRD sebagai pemimpin hendaknya benar-benar bisa menguasai permasalahan dan memahami semua hal. Selain secara akademis, SDM, seorang ketua dewan juga harus mumpuni. "Tidak hanya menguasai dalam bidang politik saja," kata dia, Senin (12/8/2019).

AYO BACA : Elkap Purwakarta Soroti 23 Anggota DPRD Petahana

Menurutnya, figur yang kiranya tepat adalah seorang yang bisa mengimbangi sikap kritis dari eksekutif secara akademis, mengingat di eksekutif berbagai latar belakang pendidikan ada, termasuk lulusan strata 2 dan 3.

"Ini kembali lagi menjadi domain partai politik pemenang Pemilu khususnya di Kabupaten Purwakarta. Latar belakang akademis harus jadi salah satu kriteria dalam menentukan atau menetapkan ketua dewan," ujar Ariel.

Lebih lanjut Ariel mengatakan, secara keseluruhan anggota DPRD memiliki sejumlah peranan penting. Selain sebagai perumus agenda bagi masyarakat di tingkat kabupaten yang diwakilinya, legislator juga berperan sebagai lembaga yang mengemban misi pengelolaan konflik dalam masyarakat dan peran integratif dalam masyarakat.

AYO BACA : Massa Gabungan Mahasiswa Datangi Polres Purwakarta, Ada apa?

"Peran mereka jelas sangat luar biasa, dan lembaga wakil rakyat ini berlaku sebagai mitra dari eksekutif, apalagi pimpinan dituntut harus mempunyai wawasan mengenai birokrasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal itu," kata Ariel.

Jika melihat hasil Pileg 2019 di Kabupaten Purwakarta, Partai Golkar menjadi juara dan berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD Purwakarta.

Sementara dari penelusuran, terdapat juklak dan juknis di internal partai berlambang pohon beringin tersebut yang mengatur, siapa saja dan apa syaratna seorang kader dapat menduduki kursi pimpinan dewan.

Keputusan Rapimnas V Partai Golkar Tahun 2013 pada lampiran Pedoman pemilihan dan penetapan pimpinan MPR RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dari Partai Golkar pada Bab II perihal kriteria pada poin 3 mengisyaratkan Calon Ketua DPRD Kabupaten harus berpendidikan minimal Strata 1.

AYO BACA : Bupati Anne Harap Anggota DPRD Baru Berkomitmen Bangun Daerah

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar