Yamaha

Lima Langkah Mudah Halau Stres

  Selasa, 13 Agustus 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi (pixabay.com)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Saat menghadapi banyak pekerjaan di kantor, tak jarang kita mudah merasa stres dan tertekan. Sadar atau tidak, stres akan mempengaruhi mood atau nuansa hati kita menjadi lebih negatif.

Untuk menghadapinya, kita perlu mengetahui cara mengontrol diri dengan baik. Jika tak ingin hari-hari kita berantakan, cara-cara sederhana untuk mengusir stres ini mungkin bisa membantu. Berikut ulasannya, dikutip dari careergirdairy.com, Selasa (13/8/2019).

Tuangkan perasaan di buku harian

Menulis buku harian dapat menjadi salah satu cara mengurangi stress. Ungkapkan perasaan kita di dalam buku, hingga kita merasa semua rasa kesal atau tekanan berkurang. 

Cara ini dianggap ampuh juga bagi mereka yang memiliki sikap introvert. Karena mereka yang tertutup biasanya tak mudah untuk mengungkapkan perasaannya ke orang lain. 

Habiskan waktu bersama orang tersayang 

Setelah menghadapi hari atau minggu yang penuh tekanan, menghabiskan waktu bersama orang tersayang dapat menjadi obat yang mujarab. Makan malam bersama keluarga atau pasangan dapat mengurangi tekanan yang kita hadapi di kantor.

Selalu berpikir positif

Tak dapat dipungkiri lagi jika stres dapat membuat mood kita menjadi negatif. Jadi kita harus berusaha menghindari pikiran dan perasaan negatf dengan cara melupakan semua yang terjadi. Mulailah pikirkan semua prestasi yang sudah kita dapatkan selama bekerja agar tidak ada lagi tekanan saat bekerja. 

Tetap fokus terhadap rutinitas 

Saat merasa stres, rutinitas kita juga akan terganggu. Padahal terganggunnya rutinitas justru akan menambah stres. Cobalah untuk tetap fokus terhadap rutinitas dan datangi tempat-tempat yang dapat menghilangkan rasa stress. Misalnya, berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan tetap rutin minum air putih. 

Tetap tenang 

Saat dihadapkan dengan pekerjaan yang banyak, kita pasti ingin semuanya cepat selesai. Hal itu membuat kita akan terburu-buru dalam mengerjakannya. 
Namun sebaiknya kita harus tetap tenang dalam bekerja. Ketika mulai merasa stres, cobalah tarik napas dalam-dalam dan niatkan dalam hati untuk menghadapi semua masalah dan tekanan. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->