Yamaha

6 Bahan Alami untuk Hilangkan Jerawat di Punggung

  Selasa, 13 Agustus 2019   Istihanah Soejoethi
Ilustrasi. (PIXABAY/Jaromír Novota)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Selain di wajah, jerawat ternyata juga bisa tumbuh di bagian tubuh lain seperti punggung. Hampir sama dengan jerawat di wajah, jerawat yang tumbuh di punggung juga disebabkan karena banyaknya minyak dan sebum di kulit.

Hal tersebut membuat bakteri mudah muncul dan memicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, pola diet tak seimbang dan stres juga menjadi penyebab jerawat tumbuh di punggung. 

Jerawat di punggung dapat diatasi dengan berbagai macam bahan alami. Dilansir dari boldsky.com pada Selasa (13/8/2019) berikut 6 bahan alami yang dapat mengatasi jerawat di punggung. 

1. Scrub gula dan lemon

Campurkan gula pasir halus dan air perasan lemon untuk dijadikan scrub lembut. Sebenarnya scrub tidak baik untuk diaplikasikan pada kulit berjerawat, tapi kandungan astrigent natural pada lemon dapat membantu mengeringkan jerawat di punggung, membuka pori-pori, dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Oats

Campurkan oats dengan air hangat dan jadikan masker atau lulur untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta menghilangkan kotoran menumpuk di kulit berjerawat. Oats memiliki sifat anti radang yang membuat kulit terlindung dari iritasi.

3. Kunyit

Kunyit adalah obat alami yang efektif menyembuhkan kulit berjerawat karena mengandung sifat antibakteri sehingga dengan mudah membunuh bakteri penyebab jerawat. Cukup parut kunyit dan balurkan pada punggung, biarkan kurang lebih 15 menit, gosok perlahan dan bilas dengan air dingin.

4. Tomat

Tomat punya kandungan vitamin C dan A yang baik untuk mengembalikan keremajaan kulit, meredakan peradangan kulit berjerawat, dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa melembapkan dan mendinginkan sehingga kulit tidak gatal dan pedih.

5. Aloe vera

Lidah buaya memang jadi obat alami yang ampuh menyembuhkan jerawat. Kandungan astringent dan antijamur-nya sangat baik mendinginkan kulit dan mengurangi iritasi dan peradangan jerawat.

6. Cuka apel

Cuka apel yang bersifat asam mampu meredakan rasa gatal pada jerawat yang meradang. Kandungan asam laktat dan asam malat-nya membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga jerawat bisa cepat sembuh.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->