Yamaha NMax

1.045 RW di Purwakarta Bakal Dapat Telepon Genggam

  Rabu, 14 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
ilustrasi. (Pixabay)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Seluruh rukun warga (RW) se-Jawa Barat bakal mendapatkan fasilitas telepon genggam. Tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Purwakart Panda Dinata mengatakan, pemberian telepon genggam ini merupakan program Provinsi Jawa Barat. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Ada pun jumlah RW di Kabupaten Purwakarta sebanyak 1.045 tersebar di 183 desa.

AYO BACA : Menakar Kekurangan dan Keunggulan Padi Gowah

"Iya, itu merupakan program Sapa Warga yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," ujar Panda, Selasa (14/8/2019).

Nantinya, telepon genggam itu dilengkapi sebuah aplikasi bernama Sapa Warga. Aplikasi di ponsel pintar itu bakal digunakan para ketua RW untuk melakukan pelayanan publik, pelaporan, sampai publikasi.

AYO BACA : Perpustakaan Seluruh Indonesia Kekurangan 500.000 Pustakawan

Panda menambahkan, soal pengadaan diserahkan ke pihak desa masing-masing, asalkan telepon genggam memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan. "Minimal RAM 2 GB, lebar layar 5,5-7 inci," kata dia.

Berdasarkan informasi yang diterima, telepon genggam yang akan diberikan adalah smartphone android, dengan kisaran harga Rp1.300.000 per unitnya. Nantinya, telepon genggam yang telah dipegang oleh masing-masing RW pun akan mendapat pulsa sebesar Rp50.000 per bulan.

"Fasilitas yang diberikan Gubernur ini diharapkan bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di lingkup desa dengan baik dan cepat melalui komunikasi," ujar Panda.

AYO BACA : Bantu Suami Istri Dapatkan Buku Nikah, Purwakarta Siapkan Dana Rp270 Juta

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar