Yamaha Aerox

Madrasah di Darangdan Ambruk, Siswa Berhenti Belajar

  Senin, 19 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Madrasah Al Istiqomah ambruk di Kampung Cihuni Rt 03/01 Desa Gununghejo Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

DARANGDAN, AYOPURWAKARTA.COM--Madrasah Al Istiqomah berlokasi di Kampung Cihuni Rt 03/01 Desa Gununghejo Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta ambruk. Ambruknya madrasah itu disinyalir akibat sejumlah material bangunan habis dimakan usia.

"Sejak pertama dibangun sekitar tahun 2002 lalu, belum pernah diperbaiki. Kemungkinan material kayu atau penyangga bangunan lain mulai rapuh, sehingga tidak kuat menahan beban," ujar salah seorang tokoh agama setempat Ustad Moch Sopandi(79), Senin (19/8/2019).

Madrasah itu setiap hari dipergunaan sarana belajar agama, baik tempat menuntut ilmu anak usia dini atau pun sering kali dipergunakan untuk pengajian rutin ibu-ibu setempat.

Dia menambahkan, saat ini kedua kegiatan itu terpaksa diberhentikan untuk sementara waktu sejak ambruk pada 5 Agustus kemarin. "Dimana lagi, tidak ada tempat lagi soalnya," kata dia.

Dia mengatakan, sejauh ini upaya untuk memperbaiki madrasah sudah dilakukan. Mulai dari mengumpulkan sumbangan masyarakat setempat hingga mengajukan proposal ke pemerintah.

"Kalau mengandalakan sumbangan dari masyarakat tidak cukup biayanya, sudah beberapa kali dilaporkan ke pemerintahan desa hingga membuat proposal bantuan tapi belum ada realisasinya," ujarnya.

Atas kondisi itu, dia mengaku bingung mencari biaya untuk membangun kembali Madrasah.  Uluran tangan dari sejumlah pihak pun sangat diharapkan agar madrasah dapat segera mungkin diperbaiki.

"Mudah mudahan saja ada yang mau membantu agar madrasah ini bisa segera diperbaiki, sehingga pengajian dan kegiatan lainnya bisa berjalan seperti biasa," ucap dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar