Yamaha Aerox

Hasil Penelitian Mahasiswa UI Jadi Catatan Sentra Keramik Plered

  Rabu, 21 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Mahasiswa pascasarjana Kesehatan Masyarakat UI melakukan penelitian terhadap para pengrajin gerabah keramik. (Dede Nurhasanuddin/ayopurwakarta)

PLERED, AYOPURWAKARTA.COM -- Kepala Sentra Keramik Plered, Mumun Maemunah, mengapresiasi kegiatan penelitian mahasiswa pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) 

"Melalui kegiatan ini kita akan segera tahu apakah berdampak atau tidak terhadap kesehatan para pengrajin, nanti kita lihat," kata dia, Rabu (21/8/2019).

Ia mengatakan, jika hasilnya menunjukan dampak buruk bagi para pengrajin, bahkan masyarakat sekitar maka pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan mencari solusi agar kesehatan para pengrajin dalam kondisi baik.

"Jika hasilnya nanti berdampak maka Hal itu tentu menjadi pekerjaan rumah yang harus diatasi segera mungkin," ujar dia.

AYO BACA : Mahasiswa UI Teliti Kesehatan Pembuatan Keramik Tradisional

Untuk sementara waktu, lanjut Mumun akan meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan pemantauan kualitas kesehatan secara rutin sebelum hasil penelitian keluar.

"Sebagai antisipasi awal kita akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan," ucap dia.

Penelitian dilakukan selama tiga hari, mulai dari hari Selasa hingga Kamis.

Dari total 2,200 pengrajin 107 di antaranya diambil sample untuk penelitian. Pemeriksaan kesehatan mereka fokus terhadap kualitas udara konsentrasi terhadap debu atau PM10 menggunakan alat EPAM, dan gas SO2 atau sulfur diosida  menggunakan alat spektropotometer.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar