Yamaha Aerox

Perda Kawasan Tanpa Rokok di Purwakarta Belum Disosialisasikan

  Rabu, 21 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi Kawasan Tanpa Rokok.

JATILUHUR, AYOPURWAKARTA.COM -- Peraturan daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kabupaten Purwakarta belum bisa disosialisasikan kepada masyarakat luas. Sebab lembaran surat belum dikeluarkan oleh bagian hukum sekertaris daerah (Setda) setempat.

Demikian disampaikan sekertaris DPRD Kabupaten Purwakarta Suhandi saat dikonfirmasi soal Perda KTR di Kabupaten Purwakarta, Rabu (21/8/2019).

Ia menjelaskan, sejauh ini DPRD telah mengesahkan KTR melalui rapat paripurna pada awal tahun 2019 kemarin. Belum keluar surat dari setda menjadi alasan belum disosialisasikannya kepada masyarakat luas, dan masih menunggu lembaran daerah untuk kemudian Perda KTR ini dinomori.

"Kalau sudah keluar baru kita sosialisasikan," kata dia, Rabu 21/8/2019).

Meski begitu, lanjut Suhandi status Perda KTR Purwakarta bersifat sudah diundangkan. Hanya saja belum tersosialisasikan.

"Akan disosialisasikan melalui forum reses anggota DPRD Purwakarta nanti," ujar Suhandi.

Sementara, Ketua Umum Gerakan Pemuda Kesehatan Jawa Barat, Septian Insan mengatakan, lingkungan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan mesti menjadi sasaran utama dalan penerapan KTR. Dia menilai kedua intansi itu paling dominan dalam melayani kepentingan publik.

"Dinas pendidikan punya sekolah, Dinas Kesehatan punya RSUD, Puskesmas dan pos-pos pelayanan terpadu. Maka mereka harus terbebas dari bahaya asap rokok," kata Septian.

Paling tidak, kata Septian, dalam radius 500 meter dari KTR tidak boleh ada penjual rokok. Hal itu harus dilakukan meskipun tantangannya berat. "Walau berat tapi itu untuk melaksanakan pola hidup sehat memang butuh pengorbanan," ucap dia.

Perda KTR diproyeksikan untuk mewujudkan pola hidup nyaman dan sehat bebas dari berbagai hal, termasuk bahaya asap rokok sebagaimana diatur oleh Undang-Undang (UU) No36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Peraturan Bersama Mentri Kesehatan dan Mentri Dalam Negeri Nomor 118/Menkes/PB/1/2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Berkaca dari aturan tersebut, menciptakan pola hidup sehat merupakan perwujudan dari hak asasi manusia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar