Yamaha Aerox

Dua Pohon Tumbang Diterpa Angin Kencang

  Rabu, 21 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Petugas berada di area pohon tumbang di Purwakarta, Rabu (21/8/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

DARANGDAN, AYOPURWAKARTA.COM -- Cuaca panas disertai angin kencang membuat dua pohon di Kabupaten Purwakarta tumbang, Rabu (21/8/2019). Tumbangnya kedua pohon itu terjadi di dua titik berbeda.

Pohon tumbang diterpa angin terjadi di jalur arteri Purwakarta-Bandung atau tepatnya di Desa Gununghejo, Kecamatan Darangdan. Pohon itu tumbang menimpa tiang listrik.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun arus lalu lintas di jalan tersebut sempat terhenti total karena tiang listrik dan pohon tumbang menutup badan jalan.

"Mungkin karena sudah berumur tua jadi pas ada angin kencang langsung roboh lalu menghantam tiang listrik dan menutup jalan raya," ujar Tajul Arifin (33) warga setempat.

Berdasarkan keterangan masyarakat, sesaat setelah pohon tumbang terjadi ledakan keras yang diakibatkan korsleting listrik dari kabel tiang listrik.

"Sempat terjadi ledakan, beruntung arus listriknya langsung mati sehingga tidak membahyakan ke pengendara jalan," kata dia.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Darangdan AKP Apep Kardan mengatakan, sesaat setelah menerima laporan warga, anggotanya kemudian mendatangi lokasi dan membawa mesin pemotong kayu.

"Sudah kita tangani dan arus lalu lintas normal kembali, " ujar Apep.

Insiden serupa juga terjadi di Jalur Bungursari-Cikopo. Satu pohon tumbang akibat diterpa angin kencang. Pohon itu menimpa kabel aliran listrik.

Evakuasi pohon dilakukan sejumlah anggota kepolisian dari Sat Sabhara Polres Purwakarta serta Dinas Tata Ruang dan Permukiman.

"Sudah dievakuasi. Alhamdulillah tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan," ujar Kokasih Kabid Pertamanan dan PJU, Distarkim, Kosasih.

Dia menambahkan, pada musim kemarau pihaknya tengah mewaspadai ancaman pohon tumbang. Apalagi, kecenderungan angin kencang cukup sering terjadi.

"Di musim kemarau ini hembusan angin cukup kencang. Jadi harus diwaspadai. Makanya tim kami terus disiagakan," kata dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar