Yamaha Aerox

4 Hektare Lahan di Bojong Terbakar

  Rabu, 21 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Kebakaran lahan di di Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Rabu (21/8/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayopurwakarta.com)

BOJONG, AYOPURWAKARTA.COM--Lahan kosong seluas 4 hektare yang dipenuhi ilalang dan rerumputan dilalap si jago merah, Rabu (21/8/2019) sekira pukul 13.30 WIB. Insiden tersebut terjadi di Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, kebakaran terjadi diduga ada yang membakar oleh orang tidak bertanggung jawab. Kondisi ilalang dan rerumputan kering membuat api dengan mudah merambah ke sejumlah sudut.

AYO BACA : Musim Kemarau, Purwakarta Rawan Kebakaran

\"Lahan itu memiliki luas 7 hektare, yang terbakar ilalang di atas lahan seluas 4 hektare,\" ujar Wibi.

Berdasarkan keterangan masyarakat setempat pertama kali api muncul di tengah perkebunan. Masyarakat sempat mencoba mematikan api dengan alat seadanya agar api tidak semakin meluas. Sebab di sekitar TKP ada peternakan kandang ayam milik PT Melindo.

AYO BACA : Akibat Musim Kemarau, Kebakaran Hutan di Purwakarta Hanguskan 300 Hektare

Atas respon cepat tim pemadam kebakaran dari regu 1 Unit Pelaksana Tingkat Daerah (UPTD) 2 Wanayasa, api pun berhasil dipadamkan.

\"Peternakan berhasil diselamatkan. Petugas melakukan pemadaman, pendinginan dan pengecekan, penanganan dinyatakan selesai pukul 16:20 WIB,\" kata Wibi.

Selain itu, Wibi menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan kebakaran. Apalagi saat ini musim kemarau disertai angin kencang membuat material di sekitar mudah terbakar.

\"Hati-hati jangan melakukan suatu hal membahayakan yang menimbulkan kebakaran,\" ujar dia mengimbau.

AYO BACA : Human Error Medominasi Penyebab Kebakaran

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar