Yamaha

Disdik Purwakarta Upayakan Kesejahteraan Guru Honorer

  Kamis, 22 Agustus 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi demo guru honorer. (M Agung Rajasa/Antara Foto)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta tengah berupaya meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik yang masih berstatus honorer.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (Kabid Dikdas) Kabupaten Purwakarta Sadiyah mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan melayangkan surat kepada legislatif. Surat itu akan menuangkan tentang besaran tambahan gaji yang rencana dikirim Oktober mendatang.

"Oktober kita ajukan untuk APBD 2019, Mudah-mudahan di APBD 2019 nanti bisa mengakomodir tambahan gaji guru honorer," ujar dia, Kamis (22/8/2019).

AYO BACA : Mangkir dari Pengobatan, Penyakit TBC Bisa Bertambah Parah!

Ia mengatakan, sebelumnya juga, pihaknya pernah mengajukan kepada DPRD mengenai hal tersebut. Namun saat itu belum terealisasi. Dia menilai, kemungkinan APBD sebelumnya belum mencukupi untuk kesejahteraan para guru honorer sehingga pengajuan belum direalisasi.

"Upaya terus akan kami tempuh agar para guru honorer mendapat penambahan dari APBD," kata dia.

Selama ini, para guru honorer mendapat upah atau gaji dari bantuan operasional sekolah (BOS) sebanyak 15%. Jika sekolah mendapatkan alokasi dana BOS Rp100 juta, maka plafon maksimal untuk gaji guru honorer hanya Rp15 juta.

AYO BACA : Antisipasi Pohon Tumbang, Distarkim Purwakarta Kerahkan Tim Pemantau

Sadiyah menambahkan, anggaran dana BOS harus diutamakan untuk kepentingan siswa. Dana bos juga dilarang digunakan untuk pembangunan sekolah. "Kalau perawatan gedung sekolah boleh," ujar dia.

Sementara, salah seorang guru honorer di Kabupaten Purwakarta Siti Syarifah berharap, upaya yang ditempuh dinas pendidikan dapat terealisasi. Sebab, selama ini upah yang diterima hanya di bawah Rp1 juta.

Meski begitu, dia mengaku nyaman dan ikhlas dalam mendidik para siswa mengantarkan mereka ke titik kesuksesan.

"Ikhlas dan disyukuri yang ada, mudah-mudahan ke depan pemerintah bisa meningkatkan kesejahteraan kami," singkat dia.

AYO BACA : Purwakarta Optimalkan Pemangkasan Pohon Rawan Tumbang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar